PENGARUH PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SECARA TARTIL SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PARIWISATA KOTA CIREBON

PJI RAHAYU MAUIDIA, (2015) PENGARUH PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SECARA TARTIL SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PARIWISATA KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
PUJI RAHAYU MAULIDA (WM BLM)-min.pdf

Download (636kB) | Preview

Abstract

Puji Rahayu Maulida NIM : 1411110149 “Pengaruh Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an secara Tartil Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata Kota Cirebon” Pada pengajaran tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), pengajaran al-Qur’an masih sangat jarang ditemukan, walaupun ada secara minoritas. Tidak dipungkiri banyak siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) notabene dari mereka kurang memahami al-Qur’an, terlebih dalam hal membaca al-Qur’an secara tartil. Dimana bobot pengajaran pendidikan agama tidak seimbang, lebih didominasi oleh mata pelajaran umum. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang pengaruh pembinaan baca tulis al-Qur’an (BTQ), data tentang kemampuan membaca al- Qur’an secara tartil, dan data tentang pengaruh pembinaan Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) terhadap kemampuan membaca al-Qur’an secara tartil siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata Kota Cirebon. Berkaiatan dengan hal ini, pengetahuan murid terbatas pada pengetahuan ilmu tajwid dan dalam pelaksanaan terbatas untuk membaca secara fasih dan tartil. Dalam pembinaan ini sangat penting diberikan kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dikarenakan masa remaja membutuhkan pembinaan dan pengarahan agar ia dapat berakhlak mulia yang diamalkan baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoritis dan empirik atau lapangan. Sumber data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes serta angket. Dalam penelitian ini mengambil sebagian dari populasi karena siswa kelas X berjumlah lebih dari 100 siswa. Jumlah siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa dari 129 siswa pada kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata Kota Cirebon. Pengaruh pembinaan Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) sebagai variabel x sebesar 81,08% berada pada interval 75%-100% (Baik). Kemampuan membaca al-Qur’an secara tartil sebagai variabel y sebesar 81,16% berada pada interval 75%-100% (Baik). Pengaruh pembinaan Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) terhadap kemampuan membaca al-Qur’an secara tartil siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata kota Cirebon (variabel xy) adalah cukup karena angka indeks korelasi product moment

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 06:55
Last Modified: 10 May 2017 06:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item View Item