SALMAN ALFARIS, (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPS GEOGRAFI KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 PALIMANAN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
SALMAN ALFARIS 1410140110 (WM BLM)-min.pdf Download (391kB) | Preview |
Abstract
Salman Alfaris: Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Terhadap Aktivitas Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Palimanan Kabupaten Cirebon. Berdasarkan hasil observsasi di SMP Negeri 4 Palimanan ditemukan beberapa permasalahan yaitu sebagai berikut : (1) banyak peserta didik yang mengabaikan tugas yang di berikan oleh guru untuk dikerjakan di rumah, (2) siswa banyak membuang waktu untuk bermain dan tidak digunakan maksimal untuk belajar., (3) peserta didik tidak terbiasa dengan mengerjakan tugas disekola dan dirumah. Banyak siswa yang menganggap bahwa tugas yang diberikan oleh guru hal yang biasa saja, juga tidak sedikit tugas-tugas yang dianggap remeh oleh siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengukur: seberapa besar pengaruh penerapan metode resitasi terhadap aktivitas belajar siswa dalam penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS Geografi. Metode resitasi merpakan metode belajar pemberian tugas dan ruang lingkupnya berbeda dengan pekerjaan rumah. Metode Resitasi lebih luas cakupanya. Belajar merupakan suatu kekuatan atau sumber daya yang tumbuh dari dalam diri seseorang (individu). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu angket, studi literatur dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu koefisien korelasi Product Moment, uji signifikasi dengan uji f, koefisien determinasi, Uji Korelasi Ganda. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Palimanan Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh penerapan metode Resitasi terhadap aktivitas belajar siswa dalam penerapan kurikulum 2014 pada mata pelajaran SMP Negeri 4 Palimanan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengolahan data statistik menggunakan rumus uji Korelasi Ganda diperoleh setelah dihitung ternyata Fhitung > Ftabelatau 74,97 > 3,15, sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan antara penerapan metode resitasi (X1) dan aktivitas belajar siswa 4 (X2) terhadap penerapan kurikulum 2013 (Y) pada mata pelajaran IPS Geografi kelas VIII di SMP Negeri 4 Palimanan kabupaten Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 10 May 2017 07:14 |
Last Modified: | 10 May 2017 07:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2837 |
Actions (login required)
View Item |