PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII-E RSBI SMP NEGERI 1 CIREBON

Mala Dwi Arianti, (2012) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII-E RSBI SMP NEGERI 1 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360013_MELA DWI ARIANTI__OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mala Dwi Arianti: PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DI KELAS VIII-E RSBI SMP NEGERI 1 CIREBON Pembelajaran aktif merupakan suatu pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar secara aktif. Belajar aktif mendominasi aktivitas pembelajaran sehingga siswa secara aktif menggunakan potensi otak, dalam hal menemukan ide pokok, memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa yang baru dipelajari. Model pembelajaran CAI diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan pretest pada materi fotosintesis nilai rata-rata siswa yaitu 79,63 45% siswa yang tuntas belajar dan 55% siswa tidak tuntas belajar masih belum mencapai nilai KKM yaitu 80 . Kurangnya motivasi belajar siswa karena cara guru dalam menyampaikan materi hanya berpusat pada satu sumber dan rendahnya afektif siswa dalam kegiatan pembelajaran disebabkan penggunaan laptop siswa yang tidak digunakan semestinya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E RSBI SMP Negeri 1 Cirebon yang berjumlah 30 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran computer assisted instruction (CAI). Media pembelajaran yang digunakan peneliti berisi materi berupa artikel di internet, gambar , video youtube dan variasi bentuk soal. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan instrumen tes, yaitu untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Observasi yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa pada ranah afektif, psikomotor dan ranah afektif terhadap penggunaan model pembelajaran computer assisted instruction (CAI) itu sendiri. Angket untuk mengetahui motivasi dan respon siswa terhadap pembelajaran yang peneliti terapkan. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dan kolaborator sebanyak tiga siklus. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dari setiap siklus dengan melihat hasil belajar ranah kognitif yaitu siklus I sebesar 53,3% siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 79.80, siklus II sebesar 66,7 % dengan nilai rata-rata 83.20, siklus III sebesar 93,3 % dengan nilai rata-rata 86.83. Hasil belajar ranah afektif siklus I dengan melihat keafektifan klasikal 70%, siklus II sebesar 83,3% dan siklus III sebesar 93,3%. Hasil belajar ranah psikomotor siklus I, siklus II dan III mengalami peningkatan yang sangat signifikan setiap pertemuannya. Hal ini menandakan peningkatan yang sangat signifikan setiap siklusnya. Adapun hasil afektif terhadap penggunaan model pembelajaran computer assisted instruction (CAI) yaitu siklus I 96% siswa dalam sikap positif, siklus II sebesar 96% siswa dalam porsi positif dan siklus III sebesar 100% menunjukkan porsi positif dengan sikap postif (on task) yaitu menonton video youtube fotosintesis. Motivasi siswa terhadap pembelajaran menunjukkan peningkatan dengan rata-rata siklus I (111.07), siklus II sebesar (111.5) dan siklus III (125.07) termasuk kedalam kategori baik. Respon siswa dengan indikator terhadap penggunaan model pembelajaran computer assisted instruction (CAI) merespon dengan baik dengan 73,4% Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran computer assisted instruction (CAI) dapat meningkatakan hasil belajar siswa di kelas VIII-E RSBI SMP Negeri 1 Cirebon. Selain itu, angket motivasi dan respon siswa menunjukan kesan positif terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran computer assisted instruction (CAI) dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Kata kunci : motivasi dan hasil belajar, model pembelajaran computer assisted instruction (CAI). ii KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan kehadiran Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Penggunaan Model Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII-E RSBI SMP Negeri 1 Cirebon” Salawat serta salam penulis limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan perubahan dari zaman jahiliah hingga zaman yang serba modern, serta para keluarganya, sahabatnya, dan semoga kita sebagai umatnya hingga akhir zaman nanti. Dalam pembuatan skripsi ini penulis banyak mengalami hambatan dan kesulitan dalam pembuatanya. Penulis banyak dibantu sehingga skripsi ini dapat selesai, untuk itu penulis sepantasnya mengucapkan banyak terima kasih kepada: 1) Bapak Prof. Dr. H. Maksum Mukhtar, MA, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 2) Bapak Dr. Saefudin Zuhri, M.Ag, Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 3) Ibu Kartimi, M.Pd, Ketua Jurusan Tadris IPA-Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 4) Bapak Djohar Maknun, M.Si, Pembimbing I. 5) Ibu Dr. Emah Khuzaemah, M.Pd, Pembimbing II. 6) Bapak

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 07:05
Last Modified: 07 Jun 2017 03:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item