HIKMAH SRI AFIYATI, (2012) PENERAPAN PRAKTIKUM BIOLOGI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI IPA MAN BUNTET PESANTREN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127360015_HIKMAH SRI AFIYATI__OK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
HIKMAH SRI AFIYATI : Penerapan Praktikum Biologi Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Makanan di Kelas XI IPA MAN Buntet Pesantren Cirebon Penelitian ini dilakukan karena dalam proses pembelajaran IPA khususnya biologi guru hanya menjelaskan sebatas materi (yang sudah ada) dan sedikit proses tanpa pembuktian. Padahal, dalam membahas IPA biologi tidak cukup hanya menekankan pada materi, tetapi yang lebih penting adalah proses untuk membuktikan atau mendapatkan suatu hukum. Tujuan pembelajaran IPA biologi di SMA secara umum adalah agar siswa memahami konsep biologi dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari, memiliki keterampilan tentang alam sekitar untuk mengembangkan pengetahuan tentang proses alam sekitar, mampu menerapkan berbagai konsep IPA biologi untuk menjelaskan gejala alam dan mampu memecahkan masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan praktikum biologi terhadap penguasaan konsep siswa. Peneliti berharap dengan siswa melakukan praktikum mereka dapat lebih menguasai konsep-konsep biologi yang mereka pelajari di kelas. Hal ini juga dapat melatih siswa agar terbiasa dengan kegiatan praktikum baik itu di laboratorium maupun alam terbuka. Praktikum adalah suatu kegiatan akademik (kurikuler) yang harus dilakukan oleh siswa yang bersifat pelaksanaan di laboratorium. Praktikum mendukung beberapa mata pelajaran khususnya biologi yang merupakan bagian dari kurikulum di sekolah. Dengan diadakannya praktikum diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep biologi. Penelitian ini dilakukan di MAN Buntet Pesantren Cirebon dengan sampel sebanyak 38 siswa yang berasal dari kelas XI IPA 1. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi untuk melihat aktivitas dan keterampilan siswa selama kegiatan praktikum berlangsung, angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan praktikum dan tes tertulis untuk mengetahui tingkat penguasaan konsep siswa. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan uji regresi. Hasil penelitian ini adalah diketahui bahwa praktikum sangat efektif untuk diterapkan, melalui observasi selama praktikum terlihat aktivitas siswa dalam sikap on task yang semakin meningkat dan penurun dalam off-task pada setiap kegiatan praktikum. Sedangkan keterampilan siswa selama praktikum yang dilihat dari observasi rubrik menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam setiap aspek mengalami peningkatan pada setiap praktikumnya. Respon yang diberikan siswa terhadap penerapan praktikum menyatakan siswa setuju bahwa praktikum dapat mempengaruhi penguasaan konsep mereka, hal ini dapat diketahui dari hasil angket yang sebagian besar siswa menjawab setuju dengan persentase mencapai 51%. Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan antara praktikum dengan penguasaan konsep siswa melalui uji regresi dengan nilai sig. 0.000 yang lebih kecil dari 0,05. Signifikan di sini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti penerapan praktikum berpengaruh terhadap penguasaan konsep pada siswa kelas XI IPA 1 MAN Buntet Pesantren Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 07:11 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 04:33 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/294 |
Actions (login required)
View Item |