GINA PATRIASIH, (2015) PENGARUH PENGUASAAN KONSEP SUKU BANYAK TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MATRIKS SISTEM PERSAMAAN LINEAR MENGGUNAKAN KAIDAH CRAMER. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
GINA PATRIASIH (WM BLM).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pengaruh Penguasaan Konsep Suku Banyak Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Matriks Sistem Persamaan Linear dengan Menggunakan Kaidah Cramer.Kemampuan menyelesaikan matriks sistem persamaan linear dengan menggunakan kaidah cramer siswa dianggap sudah baik. Hal ini ditandai oleh banyaknya siswa yang sudah mencapai nilai rata-rata cukup memuaskan. Konsep suku banyak merupakan konsep dasar yang harus dipahami untuk menjelaskan materi selanjutnya mengenai matriks sistem persamaan linear dengan menggunakan kaidah cramer. Karena antara materi satu dengan lainnya saling berkesinambungan. Sehingga penguasaan konsep suku banyak dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan matriks sistem persamaan linear dengan menggunakan kaidah cramer. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penguasaan siswa tentang konsep suku banyak, 2) mengetahui kemampuan siswa di kelas Xdalam mempelajari matriks sistem persamaan linear, 3) Untuk mengetahui pengaruh penguasaan konsep suku banyak siswa terhadap kemampuan menyelesaikan matriks sistem persamaan linear menggunakan kaidah cramer. Penelitian ini dilakukan di SMK Islamic Centre Cirebon, jumlah populasi seluruh siswa kelas X sebanyak 918 siswa. Pengambilan sampling dilakukan dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas X Administrasi Perkantoran 3 sebanyak 43 siswa sebagai sampel penelitian. Berdasarkan pengolahan data, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes penguasaan konsep suku banyak sebesar 45,11 termasuk kategori cukup baik dan rata-rata tes kemampuan menyelesaikan matriks sistem persamaan linear dengan menggunakan kaidah cramer sebesar 71,39 termasuk kategori sangat baik. Persamaan regresi yang dihasilkan untuk memprediksi kemampuan menyelesaikan matriks sistem persamaan linear menggunakan kaidah cramer berdasarkan penguasaan konsep suku banyak adalah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 02:56 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 02:56 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2965 |
Actions (login required)
View Item |