NURLESTARI, (2015) PENGARUH METODE PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAPPEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI E-LEARNING (Studi Eksperimen Di Kelas VII MTS Darul Fallah Bongas Indramayu). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.
|
Text
nurlestari ok.pdf Download (842kB) | Preview |
Abstract
PENGARUH METODE PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI E-LEARNING. Skripsi. Cirebon : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati, Agustus 2015. Permasalahan pendidikan realistik berpengaruh pada pemahaman siswa khususnya pada pelajaran matematika bahwa matematika dianggap sebagai pelajaran paling sulit dipahami bagi siswa. Efek negatif dari pandangan ini banyak siswa merasa anti dengan matematika sebelum betul-betul mempelajari matematika. Menghubungkan kehidupan realita siswa dengan pembelajaran matematika akan membuat siswa menerima pembelajaran karena menganggap matematika bukan suatu yang terpisah dari siswa itu sendiri. Hal ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika dengan metode Pembelajaran Matematika Realistik melalui E-learning. Untuk mengetahui respon siswa, pemahaman siswa,pengaruh siswa terhadap penggunaan metode pendidikan matematika realistik melalui E-learning. Penulis telah meneliti hasil dari pembelajaran matematika realistik melalui E-learning bahwa Respon siswa dikelas VII A MTs Darul Falah kecamatan Bongas Kabupaten Indramayu mengenai penggunaan metode pembelajaran pendidikan matematika realistik termasuk dalam kategori sedang. Hal ini terlihat dari klasifikasi presentasi skor angket respon siswa mengenai penggunaan metode pembelajaran pendidikan matematika realistik dari semua indikator yang dijawab siswa dapat diakumulasi yaitu sebesar 65,92 % yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian siswa kelas VII A MTs Darul Falah kecamatan Bongas Kabupaten Indramayu mempunyai pemahaman matematika yang baik. Pemahaman belajar siswa secara keseluruhan menunjukan kategori baik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata 76,69 ini menunjukan rata-rata siswa yang termasuk kategori baik/tuntas karena lebih besar dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan dari sekolah yaitu 73,00. Berdasarkan hasil pengujian regresi diperoleh koefesien (r) = 0,621 yang termasuk dalam kategori cukup kuat dan koefesien determinasi (r2) = 0,386 atau 3,86% yang menandakan adanya pengaruh sebesar 3,86%. Adapun persamaan regresinya Ŷ = 6,680 + 0,903 X, nilai sig. untuk nilai konstanta yaitu 0,649 > 0,05 yang artinya tidak signifikan, sedangkan nilai sig. untuk koefisien arah regresi linier yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya signifikan. Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara penerapan metode pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa, semakin tinggi penerapan metode pembelajaran matematika realistik maka semakin meningkat kemampuan pemahaman matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 07:28 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 07:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2989 |
Actions (login required)
View Item |