PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII DI SMP NEGERI 2 JAMBLANG

RISKA PURNAMASARI, (2012) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII DI SMP NEGERI 2 JAMBLANG. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360018_RISKA PURNAMASARI__OK.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

RISKA PURNAMASARI :PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII DI SMP NEGERI 2 JAMBLANG Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pembelajaran yang kurang melibatkan siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga siswa merasa jenuh, bosan, dan hasil belajar merekapun tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Semua ini dikarenakan cara penyampaian materi yang monoton dan tanpa adanya variasi metode dalam pembelajaran yang dapat melibatkan dan melatih siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dan materi yang disampaikan tidak dapat dipahami dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match (mencari pasangan) pada pokok bahasan Ekosistem di Kelas VII SMPN 2 Jamblang Kabupaten Cirebon. (2) Untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jamblang. (3) Untuk mengkaji persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match (mencari pasangan) pada pokok bahasan Ekosistem di Kelas VII SMPN 2 Jamblang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode Index Card Match (mencari pasangan) dengan yang tidak menggunakan metode Index Card Match (mencari pasangan) yaitu dengan metode ceramah. Pengambilan sampel dilakukan dengan randomized pre-test pos-test control group design yaitu kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing siswa 37. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match (mencari pasangan) setiap pertemuan hasil persentase aktivitasnya meningkat, terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode Index Card Match (mencari pasangan) dengan kelas yang tidak menggunakan metode Index Card Match (mencari pasangan) yaitu metode ceramah. Sedangkan persepsi siswa terhadap metode pembelajaran Index Card Match (mencari pasangan) sangat baik. Dengan demikian metode Index Card Match (mencari pasangan) dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci:Model Cooperative Learning, Metode Index Card Match, hasil belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 07:18
Last Modified: 07 Jun 2017 01:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item