NYAI IYOS ST S, (2015) PERBANDINGANHASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TEKNIK “Tari Bambu” (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI di SMK Wahidin Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.
|
Text
NYAI IYOS SITI SARAH (WM BLM).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share dan Teknik “Tari Bambu” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut salah satunya dipengaruhi oleh teknik pembelajaran yang digunakan. Teknik pembelajaran yang banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran akan membantu siswa memahami materi dan memperoleh pengetahuan. Salah satunya teknik yang banyak melibatkan siswa yaitu model pembelajaran kooperatif teknik think pair share (TPS) dan teknik “Tari Bambu” sehingga diharapkan hasil belajar siswa meningkat. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik think pair share, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik “Tari Bambu” 3) untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik think pair share dengan teknik “Tari Bambu”. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan populasinya yaitu seluruh siswa kelas XI SMK Wahidin Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 518 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelas XI Akuntanasi (AK) 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI Akuntansi (AK) 2 sebagai kelas eksperimen 2. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) hasil belajar ranah kognitif yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik think pair share yaitu sebesar 76,54 dengan predikat B (Baik). Hasil belajar pada ranah afektif, rata-rata skor yang diperoleh yaitu 79,33 dengan kriteria B (Baik). 2) hasil belajar ranah kognitif yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik “Tari Bambu” yaitu sebesar 75,57 dengan predikat B (Baik) dan hasil belajar pada ranah afektif sebesar 78,62 dengan kriteria B (Baik). 3) hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik think pair share dan model pembelajaran kooperatif teknik “Tari Bambu”.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 07:28 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 07:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2992 |
Actions (login required)
View Item |