PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS( ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT DAN SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NASIONAL KOTA CIREBON

WINDA WIDIYANTI, (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS( ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT DAN SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NASIONAL KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
WINDA WIDIYANTI (WM BLM).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

:“Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment dan Satisfaction) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Nasional Kota Cirebon” Pendidikan merupakan suatu sistem yang menyeluruh dan terpadu yang meliputi jalur, jenjang dan jenis pendidikan yang berkaitan satu dengan lainya untuk mengupayakan tercapainya tujuan pendidikan. Upaya mencapai tujuan pendidikan tersebut kepada setiap warga negara harus diberikan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan. Adanya suasana pembelajaran yang menarik, persaingan yang sehat dan menigkatkan aktifitas siswa dalam belajar, diperkirakan berdampak positif pada pencapaian prestasi belajar yang optimal. Sehubungan dengan hal tersebut, belum diterapkannya model pembelajarn yang baik dan menarik di SMK Nasional, dengan memperhatikan berbagai konsep dan teori belajar dipilihlah suatu model pembelajaran ARIAS yang dikembangkan oleh Kopp dan Keller. Dari hasil pengamatan di lapangan hasil belajar matematika siswa kurang baik, yang diduga salah satu faktor yang mempangaruhinya ialah model pembelajaran yang kurang tepat. Sehubungan dengan permasalahan yang terjadi di SMK Nasional Cirebon maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang keterkaitan model Pembelajaran Arias dengan hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji penggunaan metode ARIAS dalam pembelajaran matematika siswa kelas X SMK Nasional Kota Cirebon, mengkaji hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Nasional Kota Cirebon, mengkaji seberapa besar pengaruh penggunaan Model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Nasional Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas X SMK Nasional Kota Cirebon pada tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 152 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple cluster random sampling. Dengan menggunakan teknik pengambilan sempel tersebut terpilih kelas X TKR.1 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR.3 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk variable X ialah dengan penyebaran angket terhadap sasaran penelitian, sedangkan untuk teknik pengumpulan variable Y ialah menggunakan tes. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan normalitas, homogenitas dan, regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil skor rata-rata penggunaan metode ARIAS sebesar 71,6 %. Hasil belajar matematika siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 82,43. Sehingga diketahui bahwa penggunaan Model pembelajaran ARIAS berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMK Nasional Kota Cirebon. Hal ini terlihat persamaan regresi sederhana Ỷ = 61,113 + 0,089X.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:29
Last Modified: 05 Jun 2017 07:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3006

Actions (login required)

View Item View Item