Perbedaan Hasil Belajar Statistik Dasar dengan Metode Praktikum

Yeti Nurizzati, YN (2017) Perbedaan Hasil Belajar Statistik Dasar dengan Metode Praktikum. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2). pp. 105-116. ISSN 2527-5607

[img] Text
38 - Published Version

Download (28kB)

Abstract

Jurusan Tadris Bahasa Inggris tahun 2015/2016 terdiri dari 4 kelas, namun hanya 2 kelas (C dan D) yang menggunakan metode praktikum dalam pembelajaran Statistik Dasar. Kelas C dan D Jurusan Tadris Bahasa Inggris ini mempunyai karakteristik yang berbeda. Kelas C lebih disiplin daripada kelas D dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini terlihat dari tingkat kehadiran dan keaktifan dalam kelas. Sehingga munculah dugaan bahwa hasil belajarnya pun akan menimbulkan perbedaan. Oleh karena itulah penelitian ini dilakukan untuk membandingkan perbedaan hasil belajar Statistik Dasar sebelum dan sesudah menggunakan metode praktikum di Jurusan Tadris Bahasa Inggris Kelas C dan D; serta membandingkan perbedaan hasil belajar Statistik Dasar menggunakan metode praktikum Kelas C dan D. Kedua kelas merupakan kelas eksperimen yang saling bebas (independent) dengan diberikan perlakuan yaitu pembelajaran statistik dasar dengan metode praktikum sehingga termasuk jenis penelitian kuantitatif komparasional. Hasil uji homogenitas data kedua kelas homogen dengan nilai pv>α. Hasil uji t sampel berhubungan yang berasal dari perbandingan nilai UTS dengan UAS kedua kelas mengalami peningkatan secara signifikan dengan nilai pv<α. Hasil uji t sampel bebas diperoleh bahwa hasil belajar kedua kelas adalah berbeda secara nyata untuk kedua nilai yaitu UTS dan UAS nilai pv<α. Kelas C mempunyai nilai rata-rata UTS lebih besar daripada kelas D; namun sebaliknya nilai rata-rata UAS kelas D lebih besar daripada Kelas C. Dapat dikatakan bahwa kelas C lebih menguasai teori hitung manual, sedangkan kelas D lebih menguasai praktik SPSS. Kata kunci: Statistik Dasar, Metode Praktikum, t Sampel Berhubungan, t Sampel Bebas

[error in script]
Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Date Deposited: 27 Dec 2017 08:07
Last Modified: 27 Dec 2017 08:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3029

Actions (login required)

View Item View Item