Akhmad Naufal, (2012) PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS PADA SISWA KELAS X MA NEGERI KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127360024_AKHMAD NAUFAL__OK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Akhmad Naufal. NIM 07460841. PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN VIRUS PADA SISWA KELAS X MA NEGERI KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris IPA-Biologi, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II pada konsep virus. Mengetahui perbandingan pengelolaan kelas oleh guru terhadap hasil belajar. Serta untuk mengetahui respon siswa berkaitan dengan penerapan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar biologi siswa pada pokok bahasan virus di MA Negeri Karangampel Pengelolaan kelas merupakan usaha sadar, untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis. Usaha sadar itu mengarah pada persiapan bahan belajar, penyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar, tempat duduk siswa, mewujudkan situasi/kondisi proses belajar mengajar dan pengaturan, waktu, sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Negeri Karangampel dengan sampel 2 kelas yaitu kelas X.D (kelas Eksperimen I) dan kelas X.E (kelas eksperimen II) dimana masing masing kelas berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu dengan menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Gain dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan berdasarkan uji Mann-Whitney diketahui Mean Rank kelas eksperimen I mengalami peningkatan dari 15,48 menjadi 43,52. Hasil signifikansinya (Sig. 2-tailed) adalah 0,000 dengan probabilitas < 0,05. Jika di bandingkan maka nilainya lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Maka ini berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah dilakukan pengelolaan kelas, dan pada kelas eksperimen II berdasarkan uji Mann-Whitney diketahui Mean Rank mengalami peningkatan dari 17, 91 menjadi 41, 09Hasil signifikansinya (Sig. 2-tailed) adalah 0,000 dengan probabilitas < 0,05. Jika di bandingkan maka nilainya lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Maka ini berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada kelas eksperimen II. Dari hasil penelitian terdapat perbedaan antara kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II berdasarkan tabel Uji Paired Samples Test diatas diketahui Hasil signifikansinya (Sig. 2-tailed) adalah 0,001 dengan probabilitas < 0,05. Jika di bandingkan maka nilainya lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Maka ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk respon siswa terhadap pengelolaan kelas. Dari hasil rekapitulasi skor angket diatas sebagian besar responden menyatakan setuju (60%). Berdasarkan interpretasi skor angket dapat diartikan bahwa respon siswa terhadap pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran biologi pokok bahasan virus di MA Negeri Karangampel dalam kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 07:32 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 01:57 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/307 |
Actions (login required)
View Item |