Yeti Nurizzati, YN and Asep Saefudin, AS (2018) PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MUNDU KABUPATEN CIREBON. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 7 (1). pp. 1-16. ISSN 22529942
Text
1821 - Published Version Download (24kB) |
Abstract
Abstrak Berdasarkan hasil observasi siswa kesulitan menyesuaikan gaya belajar mereka dengan cara mengajar guru. Serta ada pergaulan siswa yang senang ke perpustakaan, dan adasiswa yanghanya bermain dan bercanda sehingga berdampak pada prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar siswa dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Mundu Kabupaten Cirebon. Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar merupakan kunciuntuk mengembangkan kinerja dalam sekolah. Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar adalah ketika siswa bersama teman-teman melakukan aktivitas yang bermanfaat maka bisa mendapatkan prestasi terbaik. Penelitain ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto. Populasi penelitian ini sebanyak 277 siswa. Sampel peneliti sebanyak 56 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis prosentase, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearits, uji heteroskedastisitas, dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier bergada Y=102,240+0,276X1- 1,19X2. Hasil uji F menunjukan nilai Sig. F sebesar 0,000 (P.Sig<0,05) maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh gaya belajar dan pergaulan teman sebaya berpengaruh terhadap prestasi belajar. Nilai koefisien determinasi sebesar 29,4%.Sedangkan sisanya 70,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Gaya Belajar, Pergaulan Teman Sebaya, Prestasi Belajar. Abstract Based on the results of observation students have difficulty adjusting their learning style by teaching the teacher. And there are associations of students who love to the library, and there are students who just play and joke so that the impact on learning achievement. This study aims to determine how big the influence of student learning styles and association of peers against student achievement on subjects IPS class VIII in SMP Negeri 1 Mundu Kabupaten Cirebon. The influence of learning styles on learning achievement is key to improving school performance. The influence of peers association to learning achievement is when students with friends doing activities that are useful then can 2 Jurnal Edueksos Volume VII No 1, Juni 2018 get the best performance. This research is an ex post facto quantitative research. The population of this study were 277 students. The sample of researchers are 56 students. The sampling technique using simple random sampling. Data collection techniques use observation, questionnaires and documentation. The data analysis used is percentage analysis, normality test, linearity test, multicolinearits test, heteroscedasticity test, and multiple linear regression test. The result of the research shows linear regression equation Y = 102,240 + 0,276X1-1,19X2. The result of F test shows Sig value. F of 0.000 (P.Sig <0,05) it can be concluded that there is influence of learning style and association of peers influence on learning achievement. The coefficient of determination was 29.4%. While the remaining 70.6% influenced by other variables. Keywords: Learning Style, Peer Friendship, Learning Achievement.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Date Deposited: | 22 Jan 2019 09:20 |
Last Modified: | 22 Jan 2019 09:20 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3077 |
Actions (login required)
View Item |