DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI MAN 2 KUNINGAN

Yeti Nurizzati, YN and Siti Khodijah, SK (2018) DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI MAN 2 KUNINGAN. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 7 (2). pp. 161-176. ISSN 22529942

[img] Text
2024 - Published Version

Download (25kB)

Abstract

Abstrak Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di MAN 2 Kuningan yang terletak di Jl. Siliwangi Desa Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan masalah yang teridentifikasi diantaranya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi khususnya handphone smartphone di kalangan siswa kelas XII IPS yang dipergunakan tidak menyesuaikan tempat dan waktu penggunaanya. Penggunaan handphone di lingkungan sekolah berimbas kepada perubahan perilaku sosial siswa kepada guru maupun siswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi siswa kelas XII IPS, mendeskripsikan perilaku sosial siswa terhadap guru, siswa dengan siswa di lingkungan sekolah, dan menganalisis dampak dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi khususnya handphone smartphone terhadap perilaku sosial siswa di MAN 2 Kuningan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan beberapa siswa kelas XII IPS. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) penggunaan teknologi informasi dan komunikasi khususnya handphone smartphone digunakan di waktu dan tempat yang kurang tepat 2) terjadi perubahan perilaku sosial siswa ketika mereka memainkan handphone smartphone, interaksi sosial diantara siswa menjadi terganggu. 3) dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi handphone smartphone di lingkungan sekolah yaitu: siswa tidak fokus saat belajar, siswa menjadi individualis, dan menghiraukan lingkungan sekitar mereka. Sedangkan dampak positifnya yaitu: membantu siswa mencari bahan materi tambahan, membantu siswa mengerjakan tugas sekolah, dipergunakan siswa untuk berwirausaha dengan berjualan online melalui handphone smartphone. Kata kunci: teknologi informasi dan komunikasi, handphone smartphone, perilaku social Abstract Based on the preliminary study that the author did in MAN 2 Kuningan located on Jl. Siliwangi Ciawigebang Village, Ciawigebang District, Kuningan District, the problems identified include the use of information and communication technology, especially smartphone phones among students of class XII IPS that are not used to adjust the place and time of use. The use of mobile phones in the school environment has an impact on students' social behavior changes to teachers and other students. This study aims to determine the use of information and communication technology in class XII IPS, describing students 'social behavior towards teachers, students with students in the school environment, and analyzing the impact of the use of information technology and communication, especially smartphone phones on students' social behavior in MAN 2 Kuningan. The study used descriptive qualitative method with data collection techniques using observation, in-depth interviews, documentation, and triangulation. Data analysis techniques through three stages, namely data reduction, data presentation, and data verification. With the subject of the study were the principal, teacher, and some students of XII social studies. The results showed that 1) the use of information technology and communication, especially smartphone phones were used at the wrong time and place 2) there was a change in students' social behavior when they played smartphone phones, social interaction between students became disrupted. 3) the negative impact of the use of smartphone mobile information and communication technology in the school environment, namely: students do not focus on learning, students become individualistic, and ignore the environment around them. While the positive impact is: helping students find additional material, helping students work on school assignments, using students to entrepreneurship by selling online through smartphone phones. Keywords: information and communication technology, smartphone mobile, social behavior

[error in script]
Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Date Deposited: 22 Jan 2019 09:21
Last Modified: 22 Jan 2019 09:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3078

Actions (login required)

View Item View Item