UPAYA GURU DALAM MENYIKAPI PERGESERAN PERILAKU SISWA DALAM PERSPEKTIF NILAI-NILAI BUDAYA BANGSA DI SMP NEGERI 18 KOTA CIREBON

Yeti Nurizzati, YN and Selvia, SV (2017) UPAYA GURU DALAM MENYIKAPI PERGESERAN PERILAKU SISWA DALAM PERSPEKTIF NILAI-NILAI BUDAYA BANGSA DI SMP NEGERI 18 KOTA CIREBON. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 6 (2). pp. 165-178. ISSN 22529942

[img] Text
1811 - Published Version

Download (24kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini di latar belakangi karena Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam kebudayaan, Indonesia juga telah dikenal luas di mata dunia dengan budaya yang menjunjung tinggi keramahan, dan sopan santun. Nilai-nilai budaya dan karakteristik masyarakat Indonesia yang sangat kental dengan perilakunya yang santun, menjunjung tinggi gotong- royong, saling menghormati, dan menghargai orang lain terlebih dengan orang yang lebih tua. Namun, seiring berjalannya pengaruh globalisasi dan modernisasi bergeser pula perilaku dalam nilai- nilai budaya kebangsaan yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita yaitu berupa perilaku dan berbahasa santun pada orang lain terlebih pada orang yang lebih tua. Hal ini dapat terlihat dari siswa yang melawan terhadap bapak dan ibu guru, melanggar peraturan sekolah dan berbahasa yang tidak sopan. Contoh melotot pada saat diberikan perintah dan berbahasa yang tidak sopan terhadap bapak dan ibu guru. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dalam etnografi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu triangulasi. Subjek penelitian meliputi guru dan siswa SMP Negeri 18 Kota Cirebon. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat pergeseran perilaku siswa dalam perspektif nilai-nilai budaya bangsa di SMP Negeri 18 Kota Cirebon. Faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran perilaku siswa yaitu faktor keluarga, faktor minim pendidikan orang tua, dan faktor perkembangan teknologi atau media massa. Dalam menyikapi pergeseran perilaku siswa di SMP 18 Kota Cirebon guru melakukan mengawasan, kerjasama dengan orang tua, hukuman/sanksi dan pembinaan mental melalui program-program yang religius. Dari hasil penelitian ini diharapkan para siswa menyadari pentingnya nilai-nilai budaya bangsa dan mengaplikasikanya sehingga diharapkan siswa memiliki perilaku yang lebih baik. Kata kuci : Perilaku, Bahasa, Budaya Bangsa Abstract This research in the background because Indonesia is a country that has a variety of cultures, Indonesia has also been widely known in the eyes of the world with a culture that uphold friendliness, and courtesy. Cultural values and characteristics of Indonesian society are very strong with polite behavior, uphold mutual cooperation, mutual respect, and respect others especially with older people. However, as the influence of globalization and modernization shifted also behavior in the values of national culture that has been inherited by our ancestors in the form of behavior and language to other people, especially in the older people. This can be seen from students who are against the father and mother of the teacher, violating school rules and abusive language. Examples of glaring at the time given commands and language that is not polite to the father and mother teacher. The type of research is qualitative research with case study method in ethnography. Data collection used in this research are observation, interview and documentation. Data analysis technique used is triangulation. Research subjects include teachers and students of SMP Negeri 18 Kota Cirebon. The results showed that, there is a shift in student behavior in the perspective of cultural values of the nation in SMP Negeri 18 Kota Cirebon. Factors that influence student behavior shift are family factor, parental education minimal factor, and technological development factor or mass media. In responding to the shift behavior of students in SMP Negeri 18 Kota Cirebon teachers do supervision, cooperation with parents, penalties / sanctions and mental coaching through religious programs. From the results of this study is expected students realize the importance of cultural values of the nation and apply so that students are expected to have better behavior. Keywords: Behavior, Language, Culture Nation

[error in script]
Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Date Deposited: 22 Jan 2019 11:02
Last Modified: 22 Jan 2019 11:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3081

Actions (login required)

View Item View Item