Suteja, (2009) Pendidikan Perspektif Al Qur'an : Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. CV. Pangger, Cirebon. ISBN 978-979-18775-0-5
|
Text
PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL QUR'AN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perilaku keseharian dalam bentuk ibadah ritual (mahdhah) dan sosial (ghayr mahdah) lazim disebut dengan akhlak. Akhlak dalam pemahaman yang lebih mendalam adalah ihsan. Ihsan, sebagaimana yang telah diteladankan oleh Nabi SAW, adalah ekspresi keimanan dan keislaman seseorang dalam esensinya yang saling melengkapi dan saling menyempurnakan. Kesempurnaan akhlak seseorang yang lahir dari kesempurnaan keimanan merupakan indikator kesempurnaan ihsan seseorang dan, karenanya, ia sangat membutuhkan pembinaan dan pengembangan ke arah kesempurnaan. Pembinaan yang dimaksud adalah pensucian jiwa yang dilakukan dengan cara ilmu dan cara amal. Oleh karenanya, para sufi (penganut dan pengamal tasawuf) dan juga mutashawif (ahli tentang tasawuf) menegaskan bahwa: "tasawuf itu ilmu dan amal". Buku ini mengajak anda tidak saja sekadar membaca tetapi juga mengkritisi secara langsung dari sumber-sumber klasik yang primer dan orsinil tentang tasawuf serta pengalaman para sufi dalam mengimplementasikan teori-teori tasawuf
Item Type: | Book |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 10:54 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 10:54 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3196 |
Actions (login required)
View Item |