LALA LAILATURROHMAH, (2012) KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 KRANGKENG INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127360032_LALA LAILATURROHMAH__OK.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
LALA LAILATURROHMAH : Kolaborasi Stratregi Pembelajaran Active Knowledge Sharing dengan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem di SMA Negeri 1 Krangkeng Indramayu Penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan mengenai strategi yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar beserta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan metode ceramah masih sering digunakan dan masih berpusat pada guru, oleh karena itu penulis ingin menerapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dan pendekatan JAS. strategi ini mengajak siswa untuk langsung berinteraksi dengan lingkungan alam sekitar sekolah sehingga pembelajaran yang berlangsung tidak membosankan. Rumusan masalah penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan kolaborasi stratregi pembelajaran active knowledge sharing dan pendekatan JAS pada pokok bahasan ekosistem, serta mengetahui sikap siswa terhadap kolaborasi stratregi pembelajaran active knowledge sharing dengan JAS, serta untuk melihat seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan kolaborasi stratregi pembelajaran active knowledge sharing dengan JAS. Penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Subjek Random Desain Pretest – Postest Grup. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Krangkeng Indramayu yang berjumlah 274 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Class dengan hasil kelas X.6 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X.7 sebanyak 39 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini terdiri dari dua macam data, yaitu data tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan data angket untuk mengetahui sikap siswa. Data tes diolah dengan menggunakan program pengolahan data SPSS 19. Berdasarkan dari data yang diukur menggunakan angket untuk menegetahui sikap siswa terhadap kolaborasi strategi active knowledge sharing dengan JAS Tergolong kedalam kategori yang sangat kuat dengan persentase 80.62%. Sedangkan untuk hasil tes yang sudah dianalisis dengan menggunakan SPSS 19. Pada uji nonparametrik Wilcoxon dapat diketahui nilai Sig.(2-tailed) 0.000, nilai Sig.(2-tailed) 0.000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0.05. Data diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan kolaborasi stratregi pembelajaran active knowledge sharing dan pendekatan JAS. Kata kunci : kolaborasi strategi active knowledge sharing dan pendekatan
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 08:20 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 06:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/328 |
Actions (login required)
View Item |