Ahmad Arifuddin, AA (2016) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. AL IBTIDA: JURNAL PENDIDIKAN GURU MI, 3 (2). pp. 186-196. ISSN 2527-7227
Text
900 Download (30kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang baik pada materi bangun ruang sisi datar. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi tahap analisis awal, tahap analisis rancangan, tahap realisasi, tahap tes, evaluasi, dan revisi, serta tahap implementasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi Silabus, RPP, Buku Ajar, LKPD, TKPK, angket respons guru dan peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil validasi Silabus sebesar 4,16; RPP sebesar 4,31; Buku Ajar sebesar 4,09; LKPD sebesar 4,11; dan TKPK sebesar 3,95; sehingga perangkat pembelajaran hasil pengembangan dinyatakan valid menurut penilaian validator. Sementara itu, hasil analisis respons guru dan peserta didik diperoleh skor rata-rata sebesar 85,71%. Ini berarti bahwa respons guru dan peserta didik tergolong positif, sehingga perangkat pembelajaran hasil pengembangan juga memenuhi kriteria praktis. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Quantum Teaching, Pendekatan Realistik, Pemahaman Konsep.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Guru MI |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 03:16 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 07:41 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/357 |
Actions (login required)
View Item |