NIA NOVIYANTY, (2012) ANALISIS POLA INTERAKSI GURU BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 PALIMANAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
127360059_Nia Noviyanty__ok.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
NIA NOVIYANTY (58461181): Analisis Pola Interaksi Guru Biologi di SMA Negeri I Palimanan Kabupaten Cirebon. Subjek pendidikan yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran mencakup guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik. Guru merupakan orang yang memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan dalam bidang pendidikan. Sehingga, guru harus mampu berinteraksi dengan peserta didik. Interaksi proses belajar mengajar pada prinsipnya bergantung kepada pendidik dan peserta didik. Interaksi mengisyaratkan adanya aktivitas peserta didik yang belajar maupun pendidik yang mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun jenis masalah dalam penelitian ini adalah analisis pola interaksi guru biologi di SMA Negeri I Palimanan Kabupaten Cirebon. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui profil guru biologi di SMA Negeri I Palimanan Kabupaten Cirebon, 2). Untuk mengetahui pola interaksi guru biologi di SMA Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon berdasarkan analisis pola interaksi dengan magnifikasi citra interaksi melalui Mikroskop Pedagogik (MP) Sistemiotik sebagai relevansi dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)., dan 3). Untuk mengetahui pola interaksi guru biologi di SMA Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon berdasarkan analisis Flanders dalam VICS (Verbal Interaction Categories System). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket dan lembar observasi dengan menggunakan alat perekam sebgai alat bantu. Subjek penelitian ini adalah salah satu guru biologi di SMA Negeri 1 Palimanan yang dianggap paling baik berdasarkan hasil studi pendahuluan dari hasil wawancara dengan beberapa guru dan respon siswa yang positif. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang yaitu Guru “Fn“. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil wawancara menunjukkan bahwa Guru “Fn” telah lulus dalam sertifikasi, secara personal Guru “Fn” ramah, sangat dekat dengan siswa, serta dapat menerapkan gaya pembelajaran yang menarik bagi siswa. Adapun respon siswa terhadap guru biologi mayoritas menjawab guru selalu melaksanakan peranannya dalam PBM sekitar 27,7%. Sehingga Guru “Fn” lebih dominan memiliki kompetensi dalam aspek mengelola interaksi belajar mengajar 2) Guru “Fn” belum melaksankan prosedur kegiatan pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat, terbukti dengan beberapa tahap apersepsi, penarikan kesimpulan dan pemberian tugas akhir pada tahap penutup, jarang diterapkan dalam pembelajaran. 3) Guru “Fn” berdasarkan hasil analisis bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), serta Guru “Fn” memiliki pola interaksi guru-murid-guru yaitu pola interaksi sebagai komunikasi interaksi. Kata kunci : analisis, profil guru, pola interaksi guru.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Jan 2017 08:18 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 07:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/397 |
Actions (login required)
View Item |