PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLOW CARD BERBANTUAN POSTER TERHADAP RETENSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARANG WARENG KABUPATEN CIREBON

ROHIMA, (2012) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLOW CARD BERBANTUAN POSTER TERHADAP RETENSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KARANG WARENG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360062_ROHIMA__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ROHIMA : “Penerapan Media Pembelajaran Flow Card Berbantuan Poster Terhadap Retensi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karangwareng Kabupaten Cirebon”. Penggunaan media dapat menciptakan suasana belajar yang efektif, kreatif dan menyenagkan bagi siswa. Media kartu alir (flow card) adalah salah satu bentuk perantara untuk menyampaikan pesan ide kepada perantara. Kegiatan belajar mengajar dikelas biasanya memiliki kendala dalam mengembangkan potensi belajar siswa. Kecenderungan umum dikelas pada saat pembelajaran bersifat teacher centered, bernotasi pada hasil yang diamati dan diukur. Tanpa melihat proses belajar itu sendiri. Hasil belajar umumnya diukur dari penguasaan konsep atau dinilai hanya dari ranah kognitif saja. Faktor retensi atau daya ingat terhadap konsep kurang diamati dalam proses belajar mengajar padahal dapat dijadikan indikator bermutunya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai retensi siswa antara yang melakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran flow card berbantuan poster pada kelas eksperimen, dengan yang melakukan pembelajaran konvensional, berbantuan poster pada kelas kontrol Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen, dengan menggunakan modifikasi rancangan Randomized Control-Group Pre test-Post test Design. Penelitian ini melibatkan subjek penelitian yaitu siswa kelas X pada SMA Negeri Karangwareng sebanyak dua kelas yang ditentukan secara cluster random. Satu kelas dijadikan sebagai kelompok eksperimen (32 orang) yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran flow card berbantuan poster dan satu kelas lainnya dijadikan sebagai kelompok kontrol (32 orang) yang melakukan pembelajaran konvensional, berbantuan media poster. Data utama diperoleh melalui soal pilihan ganda dengan lima alternatif jawaban sebanyak 30 soal yang dilakukan tiga kali yaitu pre test, post test 1, dan post test 2 (dua minggu setelah pembelajaran), data pendukung diperoleh melalui angket dan hasil observasi aktifitas belajar siswa. Teknis analisis datanya menggunakan uji pra syarat yaitu dengan menggunakan Uji Gain, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis yang terdiri dari Uji T dan Uji Recongnition Metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dilihat dari rata-rata retensi yang diperoleh (kelompok eksperimen) dengan (kelompok kontrol). Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 67,22% lebih tingi daripada kelompok kontrol 58,31%, dua minggu setelah pembelajaran. Secara umum terjadi penurunan retensi baik siswa kelompok kelas eksperimen maupun kelompok kontrol dua minggu setelah pembelajaran, penurunan retensi pada kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata tes retensi sebesar 45,22% sedangkan kelompok eksperimen 58,09%. Rata-rata retensi siswa pada kelompok eksperimen sebesar 58,00%, sedangkan retensi siswa pada kelompok kontrol sebesar 77,90%, tetapi pada umumnya retensi siswa pada kedua kelompok tersebut masuk dalam predikat baik. Kata kunci : Flow card, Retensi siswa KATA PENGANTAR Assalamualaikum Wr.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Jan 2017 08:04
Last Modified: 07 Jun 2017 01:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item View Item