PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN MEDIA TORSO PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KRANGKENG

Denisa, (2012) PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN MEDIA TORSO PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KRANGKENG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360068_DENISA__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Denisa (2012) : “PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN MEDIA TORSO PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KRANGKENG” Proses pembelajaran yang dilakukan guru selama ini kurang inovatif dan cenderung monoton, hal ini dapat diketahui dari media pembelajaran yang digunakan, bahan ajarnya hanya berpusat pada buku paket dan media pembelajarnnya hanya mengandalkan media gambar padahal mata pelajaran biologi adalah mata pelajaran yang seharusnya diajarkan secara lebih aktif seperti dengan media pembelajaran menggunakan alat peraga torso dan penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS), sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih aktif dan mandiri. Pembelajaran ini tidak hanya unggul dalam membantu siswa memahami konsep-konsep sulit, tetapi juga sangat berguna untuk menumbuhkan kemampuan interaksi antara guru dan siswa, meningkatkan kerja sama, kreativitas, berpikir kritis serta ada kemauan membantu teman dimana setiap siswa menjadi lebih baik dalam hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan media bantu Torso di SMA Negeri 1 Krangkeng, untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan yang menggunakan penerapan media bantu Torso di SMA Negeri 1 Krangkeng, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan yang menggunakan media torso di SMA Negeri 1 Krangkeng, untuk mengerahui respon siswa dengan penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Media Torso di SMA Negeri 1 Krangkeng. Dengan penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan media torso memberikan pengalaman sendiri yang lebih nyata, keaktifan siswa lebih terbangun, siswa sangat antusias dan siswa lebih aktif bertanya, sehingga memotivasi siswa untuk belajar. Selain itu penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan media torso mampu meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran biologi pokok bahasan sistem pernapasan manusia. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket dan test yaitu pretest dan postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Krangkeng yang berjumlah 180 siswa dengan sampel sebanyak dua kelas yang ditentukan secara purposive sampling. Kelas eksperimen1 (XI IPA 3) dan kelas eksperimen2 (XI IPA 2) Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada kelas eksperimen1 rata-rata nilai postestnya mencapai 77,63 %. Sedangkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media torso pada kelas eksperimen2 rata-rata nilai postesnya mencapai 77,56 %. Untuk peningkatan hasil belajar terlihat dari rata-rata nilai gainnya, untuk kelas eksperimen1 (LKS) rata-ratanya sebesar 39,84 % dan pada kelas eksperimen2 (media torso) rata-ratanya sebesar 52,56 %. Terdapat perbedaan hasil belajar dan peningkatan hasil belajar menggunakan media torso pada kelas eksperimen2 lebih besar dibandingkan dengan penerapan lembar Kerja Siswa (LKS) pada kelas eksperimen1. Kata kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), media Torso dan hasil belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 00:29
Last Modified: 06 Jun 2017 03:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item