Supriyadi, (2012) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) PADA KONSEP REPRODUKSI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.
|
Text
127360074_SUPRIYADI (07460876)__OK.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Supriyadi. 07460876. Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif (MMI) pada Konsep Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa di Kelas XI SMA Negeri 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan pembelajaran dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan multimedia dalam pembelajaran dapat memvisualisasikan berbagai fakta, keterampilan, konsep dan menampilkan animasi sesuai dengan kebutuhan sehingga proses pembelajaran lebih menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai bagaimana implementasi penggunaan media berbasis komputer dalam meningkatkan penguasaan konsep dalam pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Suranenggala. Metode penelitian ini merupakan metode eksperimen dengan melibatkan siswa kelas XI dengan sampel kelas XI IPA – 1 (sebagai eksperimen) dan XI IPA – 2 (sebagai kontrol), pada kelas eksperimen pembelajaran biologi menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif, sedangkan pada kelas kontrol dengan metode ceramah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan penyebaran angket untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran biologi dengan menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif, dan test tulis (pretest dan posttest) digunakan untuk mengukur penguasaan konsep siswa belajar biologi pada konsep reproduksi manusia. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi pengujian instrumen dengan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda, Setelah diperoleh kriteria baik dengan uji instrumen soal tes tulis tersebut kemudian instrumen digunakan untuk pengambilan data dalam penelitian, selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan rumus uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis tes tulis, data menunjukkan bahwa pembelajaran biologi dengan menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa belajar biologi pada konsep reproduksi manusia. Hal ini dibuktikan dengan dengan pengujian statistik menggunakan uji wilcoxon diperoleh sig. 0.00 < 0.05 artinya terdapat peningkatan penguasaan konsep pada kelas eksperimen yang menggunakan MMI. Terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol yaitu diperoleh sig. 0.00 < 0.05 artinya terdapat perbedaan signifikan penguasaan konsep pada kedua kelas tersebut dimana rata-rata N-Gain kelas eksperimen 61,38 lebih tinggi dari N-Gain kelas kontrol yaitu sebesar 41,94.Sedangkan interpretasi skor angket sikap siswa terhadap pembelajaran biologi menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif sebagian besar responden menyatakan setuju dengan persentase 57,37% yang termasuk dalam kategori cukup. Kata Kunci: Multimedia Interaktif (MMI), Penguasaan Konsep
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 02:27 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:53 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/424 |
Actions (login required)
View Item |