Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yatamu Pasawahan Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2019/2020

Siti Arum Muharomah, and Iwan, and Akhmad Affandi, (2020) Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yatamu Pasawahan Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2019/2020. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 6 (2). pp. 1-15. ISSN 9-7772407-68000

[img]
Preview
Text
Jurnal Arum.pdf

Download (537kB) | Preview

Abstract

Guru pada dasarnya memiliki peran sebagai pendidik, pembimbing, model atau teladan, pelatih, dan penasehat yang akan menghasilkan siswa yang taat dalam aturan namun demikian terdapat sejumlah fenomena bahwa siswa di MTs Yatamu Pasawahan tidak mematuhi aturan yang telah ditetapkan seperti kurangnya kesadaran siswa terhadap kewajibannya dalam pelaksanaan ibadah shalat, dan kurangnya kedisiplinan siswa dalam melaksanakan ibadah shalat. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data tentang peran guru Fiqih dalam peningkatan kedisiplinan beribadah siswa di MTs Yatamu Pasawahan, kedisiplinan siswa dalam beribadah di MTs Yatamu Pasawahan, dan faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kedisiplinan beribadah siswa di MTs Yatamu Pasawahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan langkah-langkah seperti observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru fiqih di MTs Yatamu Pasawahan telah dilaksanakan dengan baik, baik sebagai pendidik, pembimbing, model atau teladan, pelatih, dan penasehat bagi siswa. Keadaan kedisiplinan ibadah siswa di MTs Yatamu Pasawahan ini cukup baik. Faktor pendukung dan penghambatnya yaitu faktor internal dan faktor eksternal yang memfasilitasi perkembangan disiplin siswa. Adapun faktor penghambatnya adalah faktor internal dan faktor eksternal yang cenderung memperlemah perkembangan disiplin siswa.

[error in script]
Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Feb 2021 05:23
Last Modified: 23 Feb 2021 05:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4278

Actions (login required)

View Item View Item