Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Arruhama Kuningan

UNSPECIFIED (2017) Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Arruhama Kuningan. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (1). pp. 67-79.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Penerapan.pdf

Download (599kB) | Preview
Official URL: web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang masalah terkait prestasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Arruhama Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Peneliti menemukan masalah, yakni dengan melihat hasil UTS di mana siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) hanya sebesar 60%, dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap prestasi belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa MTs Arruhama Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan, untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap prestasi belajar siswa di MTs Arruhama Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Bermain peran sebagai suatu model pembelajaran bertujuan untuk membantu siswa menemukan makna diri (jati diri) di dunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. Artinya, melalui bermain peran siswa belajar mengungkapkan konsep peran, menyadari adanya peran-peran yang berbeda dan memikirkan perilaku dirinya dan perilaku orang lain. Teknikpengumpulan data yang dilakukandalampenelitianini, antara lain: angket, observasi, wawancaradandokumentasi, sedangkanuntukteknikanalisis data yaitudenganmenggunakanrumuskorelasiproduct moment. Berdasarkan hasil penelitian, jumlah skor rata-rata jawaban angket tentang pengaruh metode bermain peran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam rata-rata pencapian sebagian besar berada pada kategori baik dengan rata-rata prosentase pencapaian sebesar 70%. Sedangkan prestasi belajar mata pelajaranSejarah Kebudayaan Islam rata-rata nilai pencapaian sebesar 52,12 terletak padakategori cukup,dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap prestasi belajar siswa terdapat korelasi yang termasuk kedalam kategori korelasi yang lemah atau rendah sebesar (0, 24).

[error in script]
Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:07
Last Modified: 23 Feb 2021 06:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4283

Actions (login required)

View Item View Item