MERAWAT SIKAP SOPAN SANTUN DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN

Iwan, (2020) MERAWAT SIKAP SOPAN SANTUN DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 4 (1). pp. 86-121. ISSN 2580-6505

[img]
Preview
Text
Sopan Santun.pdf

Download (707kB) | Preview
Official URL: web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Salah satu pendidikan karakter yang terdapat di sekolah adalah terjalinnya sikap sopan santun yang dilakukan oleh siswa kepada lingkungan sekitarnya di sekolah. Internalisasi adalah sebagai upaya atau proses memasukan pengetahuan (knowing) dan keterampilan melaksanakan (doing) itu ke dalam pribadi. Sopan santun adalah aktivitas seseorang yang dapat diamati oleh orang lain atau instrument penelitian terhadap suatu perangsang atau situasi yang dihadapi berkaitan dengan hubungan kemasyarakatan, meliputi menghormati guru/orang yang lebih tua dari kita, tolong menolong, husnudzon dan menghargai orang lain, perilaku sopan santun merupakan cerminan dari akhlak mahmudah (akhlak yang baik). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Proses merawat inilai-nilai sopan santun di lingkungan pendidikan mempunyai beberapa prosedur, mekanisme, rangkaian kegiatan, urutan pelaksanaan, desain, ruang dan waktu, yang dilakukan secara terus menerus. Untuk menciptakan situasi belajar yang akan mengembangkan pengalaman siswa, maka kegiatan pembelajaran berupa ekstrakurikuler keagamaan yang dilaksanakan terdiri dari : 1) Shalat sunat Dhuha secara berjama’ah. 2) Membaca surat Yasin. 3) Melaksanakan latihan khitobah (pidato). 4) Bimbingan Baca Tulis al-Qur’an. 5) Melaksanakan latihan Seni Hadroh. 6) Pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). 7) Pesantren Ramadhan (Sanlat).

[error in script]
Item Type: Article
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:12
Last Modified: 23 Feb 2021 06:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4284

Actions (login required)

View Item View Item