Cicih Lestari, and Iwan, and A. Syathori, (2020) Peran Guru Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Sosial Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madinatunnajah Kota Cirebon. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (2). pp. 1-13. ISSN 9-7772407-68000
|
Text
Jurnal Cicih & Iwan-peran guru aqidah akhlak....pdf Download (532kB) | Preview |
Abstract
Peran guru dalam mengajar mempunyai indikasi menerapkan beberapa metode dan strategi pembelajaran yang kontekstual, melakukan interaksi antara guru dan peserta didik yang ditunjang dan ditunjukkan dengan adanya peran mengajar guru dikelas sewaktu pembelajaran berlangsung seperti perilaku sosial yang sering ditemui dalam lingkungan sekolah.Perilaku sosial identik dengan redaksi seseorang terhadap oranglain.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang Peran Guru Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Sosial Siswa MTs Madinatunnajah Kota Cirebon.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan dengan cara interview (wawancara), observasi, dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Perilaku itu ditunjukkan dengan perasaan, tindakan, sikap, keyakinan, kenangan, atau rasa hormat terhadap oranglain. Peran guru akidah akhlak sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing yang baik untuk peserta didiknya.Perilaku sosial siswa yang baik seperti perilaku religus, rasa ingin tahu yang tinggi, dan menghargai karya serta prestasi oranglain.Adapun perilaku siswa yang tidak baiknya seperti perilaku tidak jujur, kurang mandiri, tidak percaya diri dan tidak bertanggug jawab. Kata Kunci: Peran guru, Akidah Akhlak, Perilaku Sosial
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 01:14 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 01:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4285 |
Actions (login required)
View Item |