UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN 8) KOTA CIREBON

Indriana Wahyu Dwijayanti, and Nurwahdan, and Iwan, (2020) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN 8) KOTA CIREBON. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (2). pp. 1-15. ISSN 9-7772407-68000

[img]
Preview
Text
JURNAL Indriana & Iwan-upaya guru PAI.pdf

Download (467kB) | Preview
Official URL: web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Guru merupakan faktor yang paling penting dalam pendidikan formal karena bagi siswa guru sering dijadikan tokoh tauladan. Untuk itu, harus ada pembelajaran dan pembinaan keagamaan yang diberikan oleh guru agama untuk membiasakan siswa shalat berjamaah. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data tentang upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk perilaku keagamaan melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah siswa. Pendidikan agama Islam adalah usaha berupa bimbingan terhadap anak didik agar dapat memahami dan mengamalkan agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan langkah-langkah seperti observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Selanjutnya, dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru PAI sudah berupaya sebaik mungkin untuk membentuk perilaku keagamaan siswa melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah. Guru PAI selalu menghimbau siswa agar melaksanakan shalat dzuhur berjamaah.

[error in script]
Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:20
Last Modified: 24 Feb 2021 02:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4288

Actions (login required)

View Item View Item