Aryono, Aryono and Kartimi, and Asep Mulyani, (2013) Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains Budaya Lokal Ngarambet untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 1 Cilimus Kuningan. In: Perkembangan Penelitian Sains dan pendidikan Sains Menuju Kemandirian Bangsa Indonesia, 09 November 2013, Surakarta.
|
Text
5. Prosiding SNPS 2013 Ngarembet.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) peningkatan keterampilan berpikir kritis , 2) respon siswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis sains budaya lokal Ngarambet di kelas X SMA Negeri 1 Cilimus, dan 3) aktifitas siswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis sains budaya lokal Ngarambet di kelas X SMA Negeri 1 Cilimus. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Cilimus pada semester genap ajaran 2012-2013. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 sejumlah 30 orang ( kelas eksperimen) dan kelas X5 sejumlah 30 orang (kelas kontrol). Desain penelitian adalah pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes, observasi, dan angket, kemudian data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas dan uji beda hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan (1) keterampilan berpikir kritis (KBK) kelas eksperimen dan kelas kontrol keduanya menunjukan peningkatan dengan kategori sedang, dengan rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,59 sedangkan rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,30. Hasi uji statistik menunjukan bahwa nilai Sig 0.000 < 0.05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara kelas ekaperimen dan kelas kontrol. (2) Presentase rata-rata angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 76,4% dengan kriteria kuat. (3) Presentase rata-rata aktivitas belajar siswa pertemuan pertama untuk kelas kontrol (61%) Iebih tinggi dari kelas eksperimen (60%), pada pertemuan kedua presentase aktivitas siswa kelas eksperimen(79%) Iebih tinggi dari kelas kontrol (61%). Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen meningkat Iebih signifikan dibandingkan kelas kontrol, siswa merespon dengan balk penerapan pembelajaran berbasis sains budaya lokal, dan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen jauh Iebih baik bila dibandingkan kelas kontrol.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Jurusan Tadris Matematika |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 09:41 |
Last Modified: | 05 Apr 2021 01:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4365 |
Actions (login required)
View Item |