Anisatun Muthia’ah, (2014) STUDI MUSTALAHUL HADIS DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BUNTET CIREBON. Holistik, 15 (1). pp. 141-160.
|
Text
JURNAL STUDI MUSTALAHUL HADIS.pdf Download (379kB) | Preview |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ilmu hadis di madrasah diniyyah dengan sistem klasikal di Pondok Pesantren Darussalam Buntet Cirebon. Kajian ini dilatari bahwa selama ini materi hadis yang diajarkan lebih menitikberatkan pada aspek pengamalan seperti fikih dan akhlak. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun temuan kajian ini setidaknya memperlihatkan, (1) Pembelajaran mushthalahul hadis di Pondok Pesantren Darussalam Buntet, ada pada setiap marhalah (kecuali ula), kitab al-Quthufuddaniyah Nadzam Imam Baiquny, marhalah Tsalitsah kitab al-Qawa'id al-Asa'siyyah fi' Ilmi Mustahalahul hadi's, Marhalah Muhadzarah mengkaji kitab Taisir Musthalahul Hadi's karya Mahmud Thahhan. diampu langsung oleh bapak K.H. Ahmad Rifqi Chowas, dengan metode Bandongan, hafalan, musyawarah dan penugasan.; dan (2) Tujuan yang sangat ditekankan adalah agar para santri dapat memahami hadis ilmu hadis sebagai sumber pedoman hukum Islam dengan baik dan tidak gegabah. Tidak mudah tertipu dan tidak mudah mendhaifkan hadis, menghargai tashhih yang sudah dilakukan ulama ahli hadis. Jangan tergesa-gesa mendhaifkan hadis. Pemahaman santri dapat dilihat dari hasil belajar yang dilakukan setiap semester (UTS dan UAS) berupa ujian lisan dan kitabah. Dengan kajian kitab yang berjenjang sesuai dengan kelas, para santri dimudahkan dalam memahami redaksi dan sanad hadis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Hadist |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 04:44 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 04:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4401 |
Actions (login required)
View Item |