Dewi Yanuar, (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DAUR ULANG LIMBAH ANORGANIK PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM SECARA INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SMP NEGERI 1 CIAWIGEBANG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
DEWI YANUAR_58461165__ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dewi Yanuar: Penerapan Pembelajaran Praktikum Daur Ulang Limbah Anorganik Pada Pokok Bahasan Ekosistem Secara Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMP Negeri 1 Ciawigebang Pendidikan merupakan bagian penting bagi perkembangan suatu negara. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kegiatan pembelajaran praktikum yang kurang efektif, dimana peserta didik kurang antusias terhadap tugas praktikum yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada praktikum daur ulang limbah anorganik dalam meningkatkan kreativitas siswa di SMP Negeri 1 Ciawigebang 2). peningkatan kreativitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada praktikum daur ulang limbah anorganik di SMP Negeri 1 Ciawigebang dan 3). respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing pada praktikum daur ulang limbah anorganik di SMP Negeri 1 Ciawigebang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian One-Shot Case Study. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan satu kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengetahui penerapan pembelajaran praktikum, tes tertulis dalam bentuk essay untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa, dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain, normalitas, homogenitas, hipotesis, analisis data angket dan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa : 1) penerapan pembelajaran praktikum biologi secara inkuiri terbimbing dapat dikatakan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari aktivitas pembelajaran siswa dengan melakukan kegiatan praktikum. 2.) terdapat peningkatan kreativitas siswa, hal ini diketahui dari nilai Asymp.Sig adalah 0,000. Kalau dibandingkan, maka nilainya akan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), hal ini berarti bahwa Ho ditolak. 3) respon siswa terhadap pembelajaran praktikum menurut 39 responden dinyatakan sangat kuat, karena berdasarkan interpretasi didapatkan nilai 80,4% yang artinya terletak pada daerah sangat kuat. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa : 1) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada praktikum daur ulang limbah anorganik dapat dikatakan sangat baik. 2) Pembelajaran praktikum biologi secara inkuiri terbimbing sangat signifikan untuk meningkatkan kreativitas siswa. 3) respon siswa menunjukkan sikap yang sangat positif dimana pembelajaran ini mendorong kreativitas siswa, kemampuan bekerjasama dan berkomunikasi siswa, serta keaktifan siswa. Kata kunci: Daur Ulang Limbah Anorganik, Inkuiri Terbimbing, Kreativitas
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 07:27 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 03:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/442 |
Actions (login required)
View Item |