PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI KARANGAMPEL

NURSAJADI, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI KARANGAMPEL. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NURSAJADI_58461277__ok.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

NURSAJADI. NIM 58461277. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI KARANGAMPEL” Penerapan pendidikan dalam kehidupan tidak terlepas dari proses belajar mengajar, yang di dalamnya melibatkan guru sebagai pengajar. Peran guru dalam proses belajar mengajar tidak hanya terpaku pada penyampaian informasi, tetapi juga harus bisa menjadi fasilitator yang memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam menggali informasi yang mereka tangkap selama proses pembelajaran terjadi. Oleh karena itu, hendaknya guru harus lebih kreatif dalam mengembangkan kemampuan manajemen kelasnya dan juga dalam menggunakan modeli pembelajaran yang bervariatif, sehingga proses belajar mengajar tidak monoton dan hasil belajar menjadi optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Posing pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup, mengetahui adanya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup, mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Posing pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII semester II MTs Negeri Karangampel tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 360 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, diperoleh siswa Kelas VII B sebagai Kelas eksperimen dan Kelas VII C sebagai Kelas kontrol dimana masing-masing kelas berjumlah 41 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, observasi dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Uji Prasyarat, yaitu Uji normalitas, uji homogenitas, uji gain dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat Efektif belajar siswa di kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Posing pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup, hal ini dilihat berdasarkan hasil observasi yang menunjukkan nilai rata-rata prosentase tiap kelompok 84% dengan jumlah skor nilai 689 artinya penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat dikategorikan sangat baik, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Posing dengan kelas yang tidak menerapkan pada pokok bahasan klasifikasi makhluk hidupr. Hal ini dilihat dari NGain kedua kelas tersebut, untuk kelas eksperimen sebesar 0,47 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol sebesar 0,20 dengan kriteria rendah, respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Posing pokok bahasan klasifikasi makhluk hidup dikategorikan baik, Hal ini dilihat dari rata-rata prosentase angket respon siswa sebesar 78,63% dan menjawab setiap item rata-rata diatas 50%. Nilai tersebut dapat dikatakan baik atau kuat karena terdapat pada rentang 61% - 80%. Kata kunci : Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing, Hasil Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 26 Jan 2017 08:36
Last Modified: 07 Jun 2017 01:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item View Item