Triyani, (2021) Pengaruh Konsep Gamification Dan Brand Communication Terhadap Loyalitas Pengguna Shopee (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Angkatan Tahun 2017-2019. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1 COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (770kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK TRIYANI. NIM: 1708203112. “PENGARUH KONSEP GAMIFICATION DAN BRAND COMMUNICATION TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON ANGKATAN TAHUN 2017-2019)”. 2021 Shopee merupakan e-commerce jual beli secara online yang berbasis aplikasi mobile dan merupakan e-commerce yang populer di kalangan masyarakat. Dalam menciptakan rasa loyal konsumen terhadapnya, Shopee menerapkan konsep gamification dengan menyediakan games berhadiah dan melakukan brand communication yang menarik yaitu dengan menjadikan artis Korea Selatan sebagai brand ambassador, memberikan voucher diskon dan masih banyak promosi lainnya. Sehingga, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh konsep gamification dan brand communication terhadap loyalitas pengguna Shopee baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon Angkatan Tahun 2017-2019 dengan jumlah sampel sebanyak 85 responden. Teknik data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif, analisis statistik berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan uji F (simultan), dan uji koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan IBM SPSS Statistics Versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gamification terhadap loyalitas pengguna Shopee sebesar 30,3% serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara brand communication terhadap loyalitas pengguna Shopee sebesar 9,5%. Secara simultan, gamification dan brand communication bersama-sama mempengaruhi loyalitas pengguna Shopee dengan kontribusi sebesar 39,8%. Kata kunci: Gamification, Brand Communication, Loyalitas
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 04:10 |
Last Modified: | 25 Aug 2021 04:10 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4969 |
Actions (login required)
View Item |