UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN IPS-EKONOMI KELAS VIII DI SMP BINA CENDEKIA CIREBON

IIS ISTIQOMAH, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN IPS-EKONOMI KELAS VIII DI SMP BINA CENDEKIA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340047_IIS ISTIQOMAH__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

IIS ISTIQOMAH : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran IPS-Ekonomi Kelas VIII Di SMP Bina Cendekia Cirebon Studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Bina Cendekia Cirebon, Proses pembelajaran IPS-Ekonomi masih cenderung minim dalam mengaplikasikan media pembelajaran dikarenakan kurangnya fasilitas media pembelajaran yang disediakan sekolahsehingga masih menggunakan metode ceramah dan resitasi yang mengakibatkan minat dan motivasi dalam pembelajaran cenderung minim, siswa terasa lamban untuk menangkap pembelajaran dan merasa ngantuk, jenuh dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS-Ekonomi,sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa masih banyak yang dibawah nilai KKM yaitu 75. Maka penulis terdorong untuk melakukan penelitian sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan melalui penggunaan media Flash Card dalam proses pembelajaran IPS-Ekonomi. Tujuan Penelitian ini yaitu mendapatkan data tentang penggunaan media Flash Card dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS-Ekonomi.Mendapatkan data tentang hasil belajar siswa melalui penggunaan media Flash Cardpada mata pelajaran IPS-Ekonomi dan Mendapatkan data tentang peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media Flash Cardpada mata pelajaran IPS-Ekonomi Kelas VIII Di SMP Bina Cendekia Cirebon. Berdasarkan pada kerangka pemikiran bahwa media Flash Cardmerupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media dalam pembelajaran yaitu salah satu alat komunikasi guru terhadap siswa serta memempermudah guru dalam menginformasikan materi dan dapat menciptakan iklim yang menyenangkan sehingga dapat mengurangi kejenuhan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu;Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, Refleksi. Teknik pengumpulan data mennggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 02:40
Last Modified: 06 Jun 2017 04:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item