Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi dan kinerja guru dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP Negeri 3 Sliyeg Indramayu

Nurullah, (2021) Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi dan kinerja guru dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP Negeri 3 Sliyeg Indramayu. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. cover dan lain-lain.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I NURULLAH.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V NURULLAH.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA. NURULLAH.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurullah, “Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi dan kinerja guru dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP Negeri 3 Sliyeg Indramayu” Tesis Program Pascasarjana Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon 2021. Dalam hal ini kinerja guru menjadi sorotan dari semua kalangan, karena guru dipandang sebagai ujung tombak bagi keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkannya perlu perhatian yang serius dari semua pihak, terutama instansi yang terkait. Dengan keterlibatan semua komponen sumber daya sekolah diharapkan mampu meningkatkan tuntutan supervisi kepala sekolah yang handal sehingga berdampak kepada meningkatnya kinerja guru. Kegiatan supervisi yang dimaksud merupakan bentuk pendidikan di SMP Negeri 3 Sliyeg Indramayu agar dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien. Kegiatan supervisi bukan hanya semata-mata untuk mencari kesalahan dan kekurangan seorang pendidik. Tetapi tujuan supervisi adalah melihat potensi atau kemampuan yang dimiliki pendidik lalu mengembangkan dan meningkatkan potensi tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode deskriptif, sedangkan dalam pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi mengenai masalah yang diteliti. Sedangkan menganalisis data yang digunakan adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing / verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses supervisi di SMP Negeri 3 Sliyeg Indramayu merupakan satuan lembaga pendidikan yang belum bisa mempedulikan sebuah, kompetensi dan kinerja, bahkan berpengaruh pada perilaku dan etika dalam penerapan kedisiplinan disekolah. Tingkat kecerdasan yang didapat dalam pendidikan dilembaga ini masih terbilang rendah dalam pola peningkatan prestasi pada siswanya. Penerapan yang lebih baik bahkan efektip harus melakukan ekstra pembimbingan bukan hanya sebatas pendidik saja, dalam hal ini berarti seluruh elemen sangat berhubungan pada pendidikan dan harus bisa mengoptimalkan peran semana mestinya dengan bentuk pendampingan oleh lembaga pendidikan. Berdasarkan analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, supervisi kompetensi dan kinerja dalam meningkatkan prestasi siswa sangat relevan, disebabkan melalui kegiatan proses pendampingan dalam pemberdayaan dan bahkan memberikan pembelajaran secara profesional yang disempurnakan lebih baik. Meningkatkan semangat prestasi siswa dilakukan melalui beberapa unsur pendidikan yang meliputi adanya tahap perencanaan, pelaksanaan, keteladanan, dan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 3 Sliyeg Indramayu dengan melalui kegiatan yang rutin, kegiatan yang spontan terstruktur, dan kegiatan yang terprogram dalam sebuah aktifitas kesehariannya. Kata Kunci : Supervisi, Kompetensi Kinerja, Prestasi Siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 07 Sep 2021 08:30
Last Modified: 08 Sep 2021 01:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5201

Actions (login required)

View Item View Item