AKHMADI, (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL JARING LABA-LABA (WEBBED MODEL) PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI (PTK terhadap siswa kelas VIII C di SMP Negeri 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127340051_Akhmadi (58440889)__ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
AKHMADI. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Jaring Laba-Laba (Webbed Model) Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi (PTK terhadap siswa kelas VIII-C di SMP Negeri 2 Gunung Jati kabupaten Cirebon)” Dalam kegiatan belajar mengajar dikelas, guru harus pandai dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, asik, dan menarik. Guru juga harus mampu meningkatkan minat belajar siswa agar hasil belajar siswapun ikut meningkat. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh guru adalah penggunaan model pembelajaran dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dikelas. Kreatifitas guru dalam penggunaan model pembelajaran bisa menentukan keberhasilan belajar. Hal ini akan tercapai apabila guru kreatif dalam penggunaan model pembelajaran ketika proses belajar mengajar berlangsung. Model jaring laba-laba (webbed model) merupakan salah satu model pembelajaran yang bisa dipakai oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar. Model jaring laba-laba (webbed model) ini ialah model pembelajaran yang mengaitkan mata pelajaran yang satu dengan mata pelajaran lainnya. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model jaring laba-laba (webbed model) dalam pelajaran IPS Ekonomi, 2. Untuk memperoleh data mengenai aktivitas peneliti (sebagai guru) dan kegiatan siswa di kelas dalam pelajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan model jaring laba-laba (webbed model), 3. Untuk mengkaji apakah penerapan model jaring laba-laba (webbed model) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS Ekonomi Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa penggunaan model pembelajaran mempunyai peranan yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satunya model jaring laba-laba (webbed model), penggunaan model pembelajaran di dalam kegiatan belajar mengajar dikelas dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan membantu siswa dalam menyerap materi yang disampaikan oleh gurunya. Dengan demikian dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam penyerapan materi dan imbasnya akan meningkatkan hasil belajar siswa yang menjadi tujuannya bisa tercapai. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik obeservasi, wawancara, angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gunung Jati yang berjumlah 38 orang. Adapun dalam menganalisa datanya dengan menggunakan statistic deskriptif Adapun hasil dari penelitian ini adalah respon siswa SMP Negeri 2 Gunung Jati terhadap model jaring laba-laba (webbed model) baik hal dapat dibuktikan dengan yang menjawab ya 72,25% , kadang-kadang 23,68% dan tidak 4,07%. Hasil belajar siswa meningkat dapat dilihat dari siklus I jumlah siswa yang tuntas 22 orang sehingga ketuntasan belajar kelas 58%, nilai rata-rata kelas adalah 72,76 , dan daya serap kelasnya 72,76%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 28 orang sehingga ketuntasan belajar kelas 74%, nilai rata-rata kelas adalah 83,86 dan daya serapnya 83,86%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas 38 orang sehingga ketuntasan belajar kelas 100%, nilai rata-rata kelas adalah 92,63 dan daya serap kelasnya 92,63%. Aktivitas guru dan murid mengalami peningkatan dilihat dari aktivitas guru dapat dilihat presentase observasi dari siklus I sebesar 60% , siklus II 70% dan siklus III 78%. Dan kegiatan siswa dapat dilihat presentase observasi dari siklus I sebesar 54% , siklus II 68% dan siklus III 84%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 31 Jan 2017 06:15 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 01:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/524 |
Actions (login required)
View Item |