PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING MELALUI PENDEKATAN SPEED READING DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR DI KELAS X SMA NEGERI 5 KOTA CIREBON

RIZQON AFRINUDIN, (2012) PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING MELALUI PENDEKATAN SPEED READING DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR DI KELAS X SMA NEGERI 5 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340055_rizqon afrinudin_58440876__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

RIZQON AFRINUDIN ” PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING MELALUI PENDEKATAN SPEED READING DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR DI KELAS X SMA NEGERI 5 KOTA CIREBON”. Proses pembelajaran yang dilakukan guru pada pelajaran ekonomi di dominasi oleh guru (teacher centered) dengan metode konvensional. Akibatnya siswa merasa jenuh/membosankan, tidak termotivasi, dan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Salah satu upaya untuk mengatasi rasa jenuh/bosan siswa yaitu dengan penggunaan metode quantum learning sehingga bisa membantu siswa dalam memahami materi dengan baik supaya proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui data tentang penerapan metode Quantum Learning dalam pembelajaran ekonomi di kelas X SMAN 5 Kota Cirebon, untuk mengetahui data tentang hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning dalam pembelajaran ekonomi di kelas X SMAN 5 Kota Cirebon dan untuk mengetahui data tentang hubungan metode Quantum Learning dengan hasil belajar ekonomi dalam pembelajaran ekonomi di kelas X SMAN 5 Kota Cirebon. Penentuan metode pembelajaran secara tepat dan disesuaikan dengan materi memungkinkan siswa untuk belajar lebih baik. Penggunaan metode pembelajaran Quantum Learning sebagai alat bantu dalam pembelajaran ekonomi yang dapat mengaktifkan siswa dan memotivasi siswa dalam belajar, sehingga siswa mampu memahami materi dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengambil sampel yang terdiri dari Kelas X.A sebanyak 35 siswa dan kelas X-B sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, tes dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji t (hipotesis), dan uji korelasi. Hasil penelitian penggunaan metode quantum learning sebagian besar siswa menjawab ya sebesar 60.6% dengen kriteria baik terletak pada rentang 55% - 74%, hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning Kota Cirebon sebesar 50.86 dengan kategori sedang dan hubungan antara variabel X dan Y sebesar 0,731 dengan katagori tinggi pada rentang 0.70-0.90. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan antara metode Quantum Learning dengan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi yaitu uang dab bank di SMA Negeri 5 Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Jan 2017 06:22
Last Modified: 07 Jun 2017 01:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item