Peran Ustadz – Ustadzah Dalam Membimbing Santri Terhadap Masalah Yang Di Hadapi Di Pondok Pesantren Modern Al-Muqoddas Tukmudal Sumber

Ilham Maulana, (2021) Peran Ustadz – Ustadzah Dalam Membimbing Santri Terhadap Masalah Yang Di Hadapi Di Pondok Pesantren Modern Al-Muqoddas Tukmudal Sumber. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER sd DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Abstrak Nama : Ilham Maulana NIM : 1413361008 Judul : Peran Ustadz – Ustadzah Dalam Membimbing Santri Terhadap Masalah Yang Di Hadapi Di Pondok Pesantren Modern Al-Muqoddas Tukmudal Sumber Pokok masalah penelitian ini adalah Metode ustadz/ah dalam Mengatasi masalah yang dihadapi Santri di Pondok Pesantren Al muqoddas Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Dari pokok permasalahan tersebut maka dirumuskan beberapa sub masalah yaitu: 1)Apa saja permasalahan yang terjadi terhadap santri di pondok pesantren modern al muqoddas tukmudal sumber? 2)Bagaimana upaya pengentasan masalah yang di lakukan? 3)Apa saja faktor yang melatarbelakangi masalah yang timbul di sekitar santri?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan bimbingan dan psikologi metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada tiga langkah yang dilakukan oleh ustadz/ah (pembimbing) dalam mengatasi kenakalan santri, pertama adalah langkah Preventif, kedua langkah Represif dan ketiga adalah langkah Kuratif sedangkan faktor pendukung dalam mengatasi kenakalan santri yaitu terdapat penanaman ajaran agama dari pihak pesantren, santri memiliki kesadaran untuk taat kepada tata tertib, terjalinnya kerjasama antara ustadz/ah di asrama dengan pimpinan pondok pesantren, terjalinnya komunikasi secara intensif dengan orang tua santri. Adapun faktor penghambatnya adalah padatnya aktifitas santri sehingga kurang intensif dalam memberikan bimbingan, kurangnya penanaman pengajaran agama oleh orang tua sebelum memasukkan anaknya ke pondok pesantren dan kuatnya santri dalam hal-hal yang bersifat negatif. Implikasi penelitian ini diharapkan kepada pihak orang tua agar memberikan perhatian dan meperhatikan kebutuhan anaknya. Orang tua wajib membimbing anaknya, ketika anak masuk pondok pesantren tidak lantas menggugurkan orang tua untuk membimbing anaknya. Kepada pengurus asrama baiknya untuk tidak terlalu cepat menyalahkan santri yang nakal. Usahakan untuk mengetahui dan memahami masalah-masalah yang sedang mereka hadapi, Lakukan kunjungan ke rumah (home visit) agar lebih mengetahui mengenai latar belakang santri yang bermasalah. Kepada santri perilaku negatif hanya mendatangkan keburukan untuk diri sendiri dan orang lain, olehnya itu patuhilah peraturan-peraturan yang berlaku baik di pondok pesantren, di sekolah maupun di masyarakat, sehingga keberadaannya kalian dapat memberikan manfaat untuk orang lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:15
Last Modified: 14 Sep 2021 00:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5305

Actions (login required)

View Item View Item