Rizqi Dwi Putra, (2021) Layanan Bimbingan Pribadi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Di SMK Ulumuddin Susukan Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
0. COVER.pdf Download (22MB) | Preview |
|
|
Text
1. BAB 1 - LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) DI SMK ULUMUDDIN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON.pdf Download (26MB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB 5 - LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) DI SMK ULUMUDDIN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON.pdf Download (26MB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA - LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) DI SMK ULUMUDDIN SUSUKAN KABUPATEN CIREBON.pdf Download (26MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rizqi Dwi Putra, NIM: 1608306004 “Layanan Bimbingan Pribadi Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Di SMK Ulumuddin Susukan Kabupaten Cirebon” Masalah kedisiplinan siswa selalu melekat pada dunia pendidikan yang ada di Indonesia. Disiplin merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam belajar siswa, maka oleh sebab itu di sini perlu ada nya layanan bimbingan pribadi yang tepat kepada setiap siswa untuk bisa mendisiplinkan diri mereka masing-masing selama berada di sekolah. Layanan bimbingan pribadi sangat diperlukan oleh seluruh siswa khususnya kepada siswa kelas XI jurusan TKR yang menjadi bahan penelitian dari peneliti saat ini. Tujuan diadakan penelitian ini yaitu peneliti ingin mengetahui kondisi kedisiplinan siswa kelas XI TKR SMK Ulumuddin dan layanan bimbingan pribadi yang tepat seperti apa untuk siswa kelas XI TKR dalam menaati kedisiplinan tata tertib disekolah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang peneliti gunakan meliputi data primer, yang memiliki responden primer dan sekunder di dalam nya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif di sini analisis deskriptif mendeskriptifkan kondisi kedisiplinan dari siswa yang diteliti dan bagaimana bimbingan pribadi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang sedang siswa hadapi di saat penelitian sedang dilakukan, hasil penelitian nya kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa kedisiplinan siswa kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan masih lumayan cukup baik dilihat dari hasil wawancara peneliti dengan Kepala Sekolah, Wakasek Kesiswaan, Wali Kelas XI TKR dan Guru BK nya sendiri, lalu layanan bimbingan pribadi yang tepat yang digunakan oleh guru BK untuk menyelesaikan permasalahan siswa kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan dengan cara memadukan layanan bimbingan pribadi dengan teori client centered dan teori realitas yang dimana siswa di sini ketika melakukan bimbingan pribadi guru BK selalu mengajak berbicara face to face dan mengarahkan siswa tersebut untuk berfikir secara baik-baik dan realita atas permasalahan yang dia hadapi dengan melihat dampak yang akan dia alami untuk kedepan ketika dia masih mempunyai permasalahan tersebut di dalam diri nya. Menurut dia cara ini sampai saat ini sangat berguna sekali dalam membantu dia untuk melakukan layanan bimbingan pribadi kepada para siswa khususnya kepada siswa kelas XI jurusan TKR yang berhubungan dengan masalah kedisiplinan di sekolah. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Pribadi, Kedisiplinan
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 02:57 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 16:29 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5375 |
Actions (login required)
View Item |