Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Plus Nahdlatul Ulama Panguragan Kabupaten Cirebon

Sadeli, (2021) Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Plus Nahdlatul Ulama Panguragan Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. Cover Tesis. 0ke - -1- revisi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sadeli : Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SMA Plus Nahdlatul Ulama Panguragan Kabupaten Cirebon Kata Kunci : Kompetensi pedagogik guru, pendidikan karakter, karakter mulia. Kompetensi Pedagogik memberikan peluang yang seluas-luasnya bagi proses penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMA Plus Nahdhatul Ulama Panguragan Kabupaten. Namun, implementasi kompetensi pedagogik guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter mulia masih menjadi tugas berat. Pembelajaran dilaksanakan sebatas rutinitas sehari-hari sehingga belum menunjukkan kualitasnya. Karakter mulia peserta didik seharusnya mampu terbentuk melalui pembelajaran yang berkualitas, sehingga dapat ditunjukkan dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Berdasarkan latar belakang masalah secara tentatif masalah penelitian “Bagaimana mengimplementasikan kompetensi guru dalam penguatan pendidikan karakter siswa?” Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu untuk mengetahui apa yang terjadi di lingkungan di bawah pengamatan, seperti apa pandangan partisipan yang berada di latar penelitian dan peristiwa serta aktivitas yang terjadi. Peneliti mengamati dan menganalisa kompetensi pedagodik guru-guru, implementasinya, serta karakter siswa SMA Plus Nahdhatul Ulama Panguragan Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi pedagogik guru-guru SMA Plus Nahdhatul Ulama Panguragan Kabupaen Cirebon, cukup baik dengan indikator kemampuannya merencanakan maupun menciptakan pembelajaran bermutu dengan memberikan penguatan karakter mulia peserta didik. Implementasi kompetensi pedagogik dilakukan melalui proses pembelajaran sejak merencanakan, melaksanakan pembelajaran, dan melakukan penilaian hasil belajar maupun tindak lanjutnya. Beberapa strategi lain yang dilakukan adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler dan keagamaan. Karakter mulia peserta didik di SMA Plus Nahdhatul Ulama Panguragan diantaranya adalah religius, santun, cinta tanah air, demokratis, saling menghormati, peduli lingkungan, dan suka menolong. Kompetensi pedagogik guru-guru SMA Plus NU ditunjukkan melalui kemampuan merencanakan, melaksanakan pembelajaran dan menilai hasil belajar. Sedangkan implementasinya adalah kemampuannya menciptakan pembelajaran berbasis karakter bagi peserta didik. Beberapa karakter peserta didik diantaranya adalah religius, nasionalis, cinta damai, demokratis, disiplin, jujur dan mandiri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:06
Last Modified: 21 Sep 2021 08:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5409

Actions (login required)

View Item View Item