UFI SATRIYANTO, (2021) Pendidikan Holistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMA Negeri 9 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
02. COVER.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
04. BAB I.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text
08. BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK UFI SATRIYANTO, 17086030015, “Pendidikan Holistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMA Negeri 9 Kota Cirebon)”. Tujuan pembelajaran PAI yaitu untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik melalui pemberian pengetahuan, pemahaman, penghayatan, juga pengalaman peserta didik tentang Islam. Diperlukan adanya kegiatan pembelajaran PAI yang mencakup seluruh aspek pembelajaran, yaitu aspek spiritual, sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pembelajaran PAI dengan pendekatan holistik, mencakup seluruh aspek pembelajaran. Peserta didik diajarkan untuk melihat suatu masalah secara utuh sebagai sebuah sistem yang hidup dan saling terintegrasi, terrelasi, dan terkoneksi. Kepribadian dengan karakter yang baik atau adab yang baik, menjadi sasaran utama proses pendidikan holistik dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Tekhnik analisis data dilakukan dengan tekhnik analisis interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa; Pendidikan holistik dalam pembelajaran PAI diaplikasikan dengan menerapkan integrated learning. Mengaitkan mata pelajaran dengan tema sebagai pusat keterkaitan, menekankan pada aktifitas kongkret, memberikan peluang bagi siswa untuk bekerja dalam kelompok. Bertujuan memberikan pengalaman bagi siswa untuk memandang sesuatu dalam perspektif keseluruhan. Memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar melihat keterkaitan antar mata pelajaran dalam hubungan yang berarti dan kontekstual bagi kehidupan nyata. Membuat proses belajar menjadi relevan, sehingga melibatkan secara aktif seluruh dimensi potensi siswa (fisik, sosial, emosi, dan akademik). Pendidikan holistik dalam pembelajaran PAI diterapkan dengan baik di SMA Negeri 9. Kegiatan pembelajaran PAI dengan pendekatan holistik disusun berdasarkan Kurikulum 2013. RPP yang dirancang telah sesuai dengan teori pendidikan holistik. Pengembangan indikator, skenario pemilihan metode, materi dan alat evaluasi pembelajaran, disesuaikan dengan karakteristik siswa. Melakukan analisis, Memadukan materi secara tematik, menghubungkan materi dengan pengalaman, dan membiasakan hal-hal religius, telah dilaksanakan dengan baik. Sebagai wujud implementasi pendidikan holistik, SMA Negeri 9 juga memprogramkan kegiatan-kegiatan keagamaan. yaitu ekstrakurikuler keagamaan, kegiatan rutin keagamaan, dan kegiatan pembiasaan. Untuk penunjang tercapainya tujuan pendidikan holistik, SMA Negeri 9 menanamkan nilai-nilai Islami sebagai karakteristik sekolah. Diantara nilai-nilai yang dimaksud antara lain; Sabar, syukur, optimis, tawakkal, ikhlas, keberanian, keadilan, kejujuran, dan tawadhu. Implementasi pendidikan holistik dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 9, berhasil meningkatan kompetensi peserta didik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Serta memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terjadinya proses internalisasi dan pengamalan nilai-nilai keagamaan pada diri peserta didik. Kata Kunci : Pendidikan Holistik, Implementasi, Pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 04:43 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 08:39 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5428 |
Actions (login required)
View Item |