Implementasi Dan Pengembangan Pendidikan Karakter Untuk Melatih Kesalehan Sosial Dalam Rangka Menghadapi Tantangan Globalisasi ( Studi Kritis Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Kabupaten Brebes )

AKBAR WIBAWA, (2021) Implementasi Dan Pengembangan Pendidikan Karakter Untuk Melatih Kesalehan Sosial Dalam Rangka Menghadapi Tantangan Globalisasi ( Studi Kritis Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Kabupaten Brebes ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
cover .pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK AKBAR WIBAWA :Implementasi Dan Pengembangan Pendidikan Karakter Untuk Melatih Kesalehan Sosial Dalam Rangka Menghadapi Tantangan Globalisasi ( Studi Kritis Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Kabupaten Brebes ) Saat ini banyak terjadi fenomena yang sangat memprihatinkan dikalangan remaja; seperti sikap arogan , melakukan penyimpangan seksual (free sex, married byaccident), mengkonsumsi minuman keras, narkoba, aborsi, dan tawuran yang sering terjadi pada paa remaja. dapat dimengerti bahwa akibat yang luas dari masa puber pada para remaja juga mempengaruhi sikap dan prilaku. Namun ada bukti yang menunjukkan bahwa perubahan dalam sikap dan prilaku yang terjadi pada saat ini lebih merupakan akibat dari perubahan sosial, dengan latarbelakag itulah penulis menulis tesis ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Kabupaten Brebes, (2) mengetahui metode yang digunakan dalam implementasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Kabupaten Brebes, (3) mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat implementasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi, dan metode triangulasi. Sedangkan analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion (kesimpulan). Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa implementasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Bustanul Ulum diterapkan melalui berbagai aktivitas yang telah menjadi adat kebiasaan yang mengandung nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan Tuhannya, diri sendiri antar sesama dan lingkunganya. bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar `menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Adapun dalam proses implementasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Bustanul Ulum menggunakan metode pembiasaan, keteladaan dan pemberian reward dan punishment sangat efektif dan berpengaruh pada karakter santri. Dengan demikian dengan adanya pendidikan karakter ini, diharapkan mampu mencetak generasi muda yang berilmu dan berakhlak karimah sesuai dengan visi dan misi pondok pesantren. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Kesalehan Sosial, Pengembangan Pendidikan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:23
Last Modified: 21 Sep 2021 08:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5433

Actions (login required)

View Item View Item