PENERAPAN METODE MEMORITER PADA KEGIATAN MUHADHARAH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-MUQODDAS KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

DIAH AFRIANI, (2021) PENERAPAN METODE MEMORITER PADA KEGIATAN MUHADHARAH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-MUQODDAS KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, Bimbingan Konseling Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
01 COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN METODE MEMORITER PADA KEGIATAN MUHADHARAH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-MUQODDAS KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON DIAH AFRIANI NIM 1708302071 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan muhadharah yang dilakukan santriwati di Pondok Pesantren Modern Al-Muqoddas dengan menggunakan metode memoriter. Dan kegiatan muhadharah yang diikuti oleh santriwati mampu memberikan dampak positif dalam perubahan dan kemampuan public speaking santriwati. Meskipun metode yang digunakannya adalah metode menghapal, akan tetapi dalam penyampaian pidato di atas panggung santriwati tetap berjalan dengan lancar dan baik. Pertanyaan penelitian yang diajukan penulis yaitu: (1) Bagaimana penerapan metode memoriter pada kegiatan muhadharah santriwati di Pondok Pesantren Modern Al-Muqoddas. (2) Bagaiamana kemampuan public speaking santriwati pada kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Modern Al-Muqoddas. (3) Bagaimana metode memoriter membantu meningkatkan kemampuan public speaking santriwati pada kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Modern Al- Muqoddas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji atau mengamati dengan tepat dan pasti bagaimana penerapan metode memoriter serta kemampuan public speaking santriwati pada kegiatan muhadaharah di Pondok Pesantren Modern Al-Muqoddas dengan menerapkan metode memoriter pada kegiatan muhadharah. Karena santriwati nantinya diharapkan mampu berdakwah atau menyapaikan ajaran agama Islam kepada masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Dengan menggunakan dua sumber data, yaitu sumber data primer dan sekunder, dengan teknik analisis data yaitu studi kasus menurut Robert K. Yin. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Penerapan metode memoriter pada kegiatan muhadharah ialah dengan menerapkan tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. (2) Kemampuan public speaking yang dirasakan oleh santriwati yang telah mengikuti kegiatan muhadharah berupa: kemampuan mengatasi lupa, kemampuan mengatasi grogi, kemampuan membuka dan menutup pidato dengan menggunakan nada suara, artikulasi, dan bahasa tubuh. (3) Metode menghafal membantu meningkatkan kemampuan public speaking santriwati pada kegiatan muhadharah dilihat dari prestasi atau juara yang mereka raih pada saat perlombaan PSC (public speaking contes). Kata Kunci: Muhadharah, Metode Memoriter, Santriwati.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:03
Last Modified: 27 Sep 2021 09:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5534

Actions (login required)

View Item View Item