Alpan, (2021) Analisis Manajemen Pendidikan Inklusi Terhadap Lembaga Pendidikan Butterfly Learning Center (BLC) yang Berpusat di Sekolah Dasar Al Irsyad 02 Kabupaten Cilacap. 2021. Masters thesis, Manajemen Pendidikan Islam PPs-IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
01 COVER.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (935kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (758kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Alpan NIM: 18086010020. Jurusan: Manajemen Pendidikan Islam Judul: Analisis Manajemen Pendidikan Inklusi Terhadap Lembaga Pendidikan Butterfly Learning Center (BLC) yang Berpusat di Sekolah Dasar Al Irsyad 02 Kabupaten Cilacap. 2021. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi manajemen pendidikan inklusi di Lembaga Pendidikan Butterfly Learning Center (BLC) yang berpusat di Sekolah Dasar Al Irsyad 02 Kabupaten Cilacap. 2) Untuk mendeskripsikan analisis manajemen pendidikan inklusi terhadap Lembaga Pendidikan Butterfly Learning Center (BLC) yang berpusat di Sekolah Dasar Al Irsyad 02 Kabupaten Cilacap. 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan manajemen Pendidikan inklusi di Lembaga Pendidkan Butterfly Learning Center (BLC) yang berpusat di Sekolah Dasar Al Irsyad 02 Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus yang menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah manajer dan tenaga pendidik di Lembaga Pendidikan Butterfly Learning Center (BLC). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitinnya adalah: 1) manajemen pendidikan inklusi di Lembaga Pendidikan Butterfly Learning Center (BLC) yang berpusat di Sekolah Dasar Al Irsyad 02 Kabupaten Cilacap memiliki empat fungsi manajemen yaitu fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pelaksanaan, dan fungsi pengendalian. 2) Dari hasil analisis secara umum penerapan manajemen pendidikan inklusi di Lembaga Pendidikan Butterfly Learning Center (BLC) telah efektif dilaksanakan. 3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan manajemen pendidikan inklusi di Lembaga Pendidikan Butterfly Learning Center (BLC). Faktor pendukung tersebut di antaranya: a) skema pemetaan peserta didik dari awal pendaftaran, b) sudah dengan jelas menentukan tujuan, bahan ajar, rencana proses belajar mengajar, serta sistem evaluasi dan penilaian, c) memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang sesuai dengan bidangnya, d) memiliki sumber dana yang jelas, e) fasilitas yang memadai, f) memiliki sistem pengarsipan dan pendokumentasian yang sangat baik, g) jelas dan terbuka dalam menentukan tugas serta wewenang setiap anggotanya, h) masyarakat sekitar memiliki rasa toleransi dan kekeluagaan yang tinggi. Sedangkan faktor penghambat di antaranya: a) Terbatasnya kuota anak berkebutuhan khusus (ABK) di jenjang pendidikan selanjutnya, b) Tidak adanya perhimpunan sekolah inklusi yang diikuti dan adanya Ujian Nasional (UN) yang soal-soalnya sama dengan siswa di kelas reguler, c) Tenaga pendidik dan kependidikannya tidak terdaftar di dapodik, d) sulitnya melakukan perubahan anggaran, e) terdapat ruangan intervensi yang kecil. Kata Kunci: Analisis Manajemen, Manajemen Pendidikan Inklusi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 06:57 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 04:21 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5562 |
Actions (login required)
View Item |