FAHMI MIFTAH FAJRI, (2012) PENGARUH DISIPLIN LINGKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH (MA) NURUL FALAAH JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN. Post-Doctoral thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127340064_FAHMI MIFTAH FAJRI_07449174__ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
FAHMI MIFTAH FAJRI: PENGARUH DISIPLIN LINGKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH (MA) NURUL FALAAH JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN. Disini perlu dioptimalkan, bagaimana tindak lanjut dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui pelaksanaan disiplin di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat yang sangat berpengaruh dan diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan. Karena sebagian besar waktu yang dimiliki siswa banyak di rumah, maka peran orang tua dan masyarakat tidak dapat diabaikan. Dikarenakan proses kedisiplinan itu dimulai dari rumah, sehingga peran orang tua dalam memantau dan memberikan perhatian terhadap pendidikan putra putrinya itu penting, juga pergaulan putra-putrinya di lingkungan masyarakat, sangat penting untuk lebih diperhatikan oleh para orang tua. Disamping itu pihak sekolah juga harus menanamkan sikap kedisiplinan pada seluruh komponen yang ada di sekolah baik itu kepala sekolah, guru, murid dan lainnya guna tercapainya hasil belajar yang maksimal. Masalahnya adalah bagaimanakah pengaruh disiplin lingkungan pendidikan terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah (MA) Nurul Falaah Jalaksana? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Mengetahui disiplin lingkungan pendidikan di Madrasah Aliyah (MA) Nurul Falaah Jalaksana, Mengetahui Hasil belajar siswa dengan menggunakan nilai sumatif kelas XI di Madrasah Aliyah (MA) Nurul Falaah Jalaksana, Mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin lingkungan pendidikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah (MA) Nurul Falaah Jalaksana. Sekolah yang kurang menekankan perencanaan dan implementasi disiplin, akan banyak ditemukan siswa yang bermasalah dalam perilaku sehingga hasil belajarnya pun kurang memuaskan. Hal ini dapat dimengerti karena perhatian masalah disiplin yang kurang dari kepala sekolah dan para guru. Siswa yang bermasalah dalam disiplin kurang ditangani dengan baik. Kondisi tersebut menghambat perkembangan prestasi siswa. Sarana fisik dan fasilitas di lingkungan sekolah juga sangat mendukung kelancaran proses belajar dan mengajar. Dengan sarana dan fasilitas yang memadai, siswa akan lebih bersemangat dalam belajar. Sehingga akan memacu dirinya untuk meningkatkan prestasinya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah menggunakan suatu pendekatan empirik. Kemudian data yang telah diperoleh dikumpulkan, dianalisis, dan juga disajikan secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, teknik angket dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hipotesis yang penulis ambil adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin lingkungan pendidikan terhadap hasil belajar siswa. Adapun hasil yang diperoleh dari perhitungan product moment adalah 0,360 yang berarti ada pengaruh yang positif antara pengaruh disiplin lingkungan pendidikan dengan hasil belajar siswa. Jika dilihat dari tabel koefisien korelasi, nilai 0,360 termasuk dalam kategori lemah atau rendah. Dari perhitungan nilai koefisien penentu (determinan) pengaruh disiplin lingkungan pendidikan dengan hasil belajar siswa sebesar 13% dan sisanya 87% ditentukan oleh variabel lain. Jika dilihat dari hasil uji-t, diperoleh nilai
Item Type: | Thesis (Post-Doctoral) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 01 Feb 2017 03:35 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 03:54 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/559 |
Actions (login required)
View Item |