Analisis Unsur Intrinsik dan Nilai Sosial dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMA/MA/SMK Kelas XII.

Susilawati, (2021) Analisis Unsur Intrinsik dan Nilai Sosial dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar di SMA/MA/SMK Kelas XII. Bachelor thesis, Tadris Bhs.Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan analisis berupa unsur intrinsik dan nilai sosial dalam sebuah karya sastra buku novel yang diciptakan oleh Habiburrahman El Shirazy, terbit pada bulan September 2019. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini kemudian akan dikembangkan sebagai bahan ajar berdasarkan acuan kurikulum 2013 pada Kompetensi Dasar 3.9 dan Kompetensi Dasar 4.9. Hasil akhir penelitian ini berupa arti/makna dari penggalan novel berdasarkan unsur intrinsik dan nilai sosial serta produk berupa buku teks pembelajaran bahasa Indonesia materi ajar teks novel/novelet berbasis nilai sosial yang layak, melalui uji validasi oleh validator ahli materi dan ahli media. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi laten. Sumber atau menjadi subjek data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer berupa naskah novel Kembara Rindu, sedangkan sumber data sekunder adalah buku, majalah, yang menjadi acuan referensi. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka, baca dan catat serta menggunakan instrument penelitian dengan kartu data. Tahap awal penelitian ini yaitu analysis. Setelah dianalisis selanjutnya, tahap design yaitu rancangan produk pengembangan buku teks. Tahap development yaitu mengembangkan produk berupa Buku Teks yang dikaitkan dengan hasil analisis. Pada tahap ini produk pengembangan Buku Teks divalidasi oleh validator oleh ahli materi dan oleh validator ahli media untuk memperoleh kelayakan produk pengembangan yang telah dirancang. Tingkat kelayakan produk pengembangan diperoleh dari validator ahli materi dan validator ahli media. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan Buku Teks berbasis nilai sosial pada pokok bahasan materi teks novel di kelas XII SMA/MA/SMK. Kelayakan produk pengembangan buku teks ditinjau dari hasil penilaian kelayakan validator ahli materi ahli media. Penilaian validator ahli materi terhadap produk pengembangan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan nilai persentase 80%, dan penilaian validator ahli media terhadap produk pengembangan termasuk dalam kategori “Layak” dengan nilai persentase 76,5%

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 01 Oct 2021 09:34
Last Modified: 01 Oct 2021 09:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5591

Actions (login required)

View Item View Item