ANALYSIS OF CLASS X BIOLOGY TEXTBOOKS BASED ON SCIENCE LITERACY CATEGORIES ON VIRUS CONCEPTS

Abu Hasan Baihaqi, (2021) ANALYSIS OF CLASS X BIOLOGY TEXTBOOKS BASED ON SCIENCE LITERACY CATEGORIES ON VIRUS CONCEPTS. Bachelor thesis, Tadris IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Biologi ialah ilmu alam tentang makhluk hidup atau kajian saintifik tentang kehidupan dan ditujukan untuk orang-orang yang selalu berpetualang. Biologi bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsepkonsep, atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Meskipun kurikulum diubah, tetapi sistem penggunakan buku acuan tetap masih digunakan buku terdahulu dalam proses pembelajaran, guru-guru pun menggunakan buku tersebut menjadi acuan utama untuk mengajar tanpa ada referensi dari buku lainnya. Literasi ilmiah dibutuhkan untuk berhubungan dengan kemampuan fungsi sebagai warga dalam mayarakat, bukan hanya pada tingkat pengetahuan saja tetapi dalam membuat keputusan dan bertindak sebagai orang yang bertanggung jawab dan lebih menekankan pada pengambilan keputusan sosial-ilmiah, bukan hanya fokus pada perubahan alam saja tetapi juga cara berpikir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi atau dokumen. Maksud dari analisis ini adalah bertujuan untuk menggambarkan tema atau dimensi literasi ilmiah pada buku teks pelajaran biologi. Objek dalam penelitian berupa teks paragraf halaman bab pada buku teks biologi kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat dimensi literasi sains yang ada pada buku teks I (Erlangga) dan buku teks II (Yrama Widya) terdiri dari 4 indikator yang ada kemunculan paling banyak yakni pada indikator 1 dengan persentase keseluruhan rata-rata persentase hasil penilaian dimensi literasi ilmiah pada kedua buku teks pelajaran yang paling banyak muncul adalah dimensi pengetahuan sains sebasar 80% pada buku I (Erlangga) dan 96% pada buku II (Yrama Widya). Pada indikator tersebut menunjukkan buku-buku tersebut lebih menekankan kepada pengetahuan sains berupa konsep dasar dan pengetahuan dasar dalam buku teks.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Oct 2021 06:42
Last Modified: 23 Oct 2021 06:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5713

Actions (login required)

View Item View Item