Pengaruh E-Commerce Dan E-Money Terhadap Pemakaian E-Banking Oleh Nasabah Bank Syariah (Studi Pada Bank BJB Syariah KCP Majalengka)

Lia Usi Mellani, (2021) Pengaruh E-Commerce Dan E-Money Terhadap Pemakaian E-Banking Oleh Nasabah Bank Syariah (Studi Pada Bank BJB Syariah KCP Majalengka). Bachelor thesis, Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
60. SKRIPSI 2020 PS LIA USI MELLANI-1-26.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
60. SKRIPSI 2020 PS LIA USI MELLANI-27-37.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
60. SKRIPSI 2020 PS LIA USI MELLANI-115-116.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
60. SKRIPSI 2020 PS LIA USI MELLANI-117-123.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

LIA USI MELLANI. NIM 1608203011, “PENGARUH E-COMMERCE DAN E-MONEY TERHADAP PEMAKAIAN E-BANKING OLEH NASABAH BANK SYARIAH (Studi Pada Bank BJB Syariah KCP Majalengka)”, 2020. Perkembangan teknologi dan informasi menyebabkan timbulnya e-commerce dan e-money yang tentunya juga akan meningkatkan penggunaan e-banking dalam proses pembayaran. Persaingan perbankan pada era revolusi industry 4.0 ini sangat ditentukan oleh kecanggihan teknologi yang dimiliki. Oleh karena itu, bank BJB Syariah KCP Majalengka memperbaharui produk e-banking agar mempermudah nasabah untuk bertransaksi. Dari pembaharuan aplikasi mobile maslahah milik Bank BJB Syariah tersedianya fitur untuk melakukan transaksi pembayaran top up saldo e-money yang bernama “top up”. Lalu tersedia pula fitur untuk melakukan transaksi pembayaran e-commerce yang bernama “belanja online”. Sehingga dengan meningkatnya transaksi e-commerce dan e-money akan meningkatkan pula metode pembayaran melalui e-banking. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh E-Commerce dan E-money Terhadap Pemakaian E-banking Oleh Nasabah Bank Syariah (Studi Pada Bank BJB Syariah KCP Majalengka). Untuk variabel dependen dalam penelitian ini adalah Pemakaian E-banking Oleh Nasabah Bank Syariah (Y). Sedangkan untuk variabel independen adalah E-commerce (X1) dan E-money (X2). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah di Bank BJB Syariah KCP Majalengka yang berjumlah 4.000 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive dan Sampling Insidental. Sehingga sampel dari penelitian ini sebanyak 100 orang untuk semua populasi yang ada, metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis berupa uji t (parsial), uji f (simultan), dan uji koefisien determinasi (R2), dimana semua proses pengujian tersebut menggunakan alat bantu berupa SPSS 21. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pemakaian e-banking oleh Nasabah Bank Syariah sebesar 22,20%, serta secara parsial e-money berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pemakaian e-banking oleh nasabah Bank Syariah sebesar 19,45%. Sedangkan secara simultan e-commerce dan e-money berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pemakaian e-banking oleh nasabah Bank Syariah sebesar 41,7%. Kata Kunci: E-commerce, E-money, E-banking dan Bank Syariah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:28
Last Modified: 01 Nov 2021 01:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5750

Actions (login required)

View Item View Item