PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE COLLEGE BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VII DI SMP N 1 CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON

FARIKHA, (2012) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE COLLEGE BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VII DI SMP N 1 CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340077_Farikha__ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

FARIKHA : Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe College Ball untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VII Di SMP Negeri I Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Strategi college ball adalah satu putaran pengulangan yang standar terhadap materi pelajaran. Dalam penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe college ball, siswa lebih aktif dan berani dalam mengemukakan pendapat sehingga pembelajaran di kelas menjadi hidup. Namun pada kenyataannya guru mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VII lebih banyak menggunakan metode klasik seperti metode ceramah. Untuk itu, penulis mencoba untuk meneliti tentang 1). Bagaimana penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe college ball pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VII di SMP Negeri 1 Ciwaringin Kabupaten Cirebon. 2). Bagaimana aktivitas-aktivitas siswa ketika menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe college ball. 3). Seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe college ball. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe college ball pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VII di SMP Negeri 1 Ciwaringin Kabupaten Cirebon. 2). Untuk mengetahui aktivitas-aktivitas siswa ketika menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe college ball. 3). Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe college ball. Penelitian ini bertitik tolak pada kerangka pemikiran bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe college ball dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VII pada sub pokok kegiatan ekonomi masayarakat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe college ball yang terdiri dari 3 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VII C SMP N 1 Ciwaringin yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1). Respon siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe college ball dapat dikategorikan Cukup dengan nilai angket 46,50%. 2). Aktivitas siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh rata-rata 60%, siklus II 72% dan siklus III 86% 3). Hasil penelitian pada Pra siklus diperoleh rata-rata 54,50, persentase ketuntasan belajar sebesar 27,50%, pada siklus I diperoleh ratarata 63,37, persentase ketuntasan belajar sebesar 42,50%, Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 69,50, persentase ketuntasan belajar sebesar 65,00%, dan pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa 78,50, persentase ketuntasan belajar siswa 85%. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan strategi aktif tipe college ball dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII C SMP N I Ciwaringin.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 02 Feb 2017 04:34
Last Modified: 06 Jun 2017 03:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item View Item