Pembelajaran Menulis Esai Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbasis Life Skills

Emah Khuzaemah, and Lilik Herawati, (2017) Pembelajaran Menulis Esai Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbasis Life Skills. Journal Indonesian Language Education and Literature, 2 (2). pp. 148-162. ISSN 2502-2261

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya keterampilan menulis mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon memerlukan penanganan yang serius. Sebagai calon guru, mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (TBI) perlu memperoleh pembekalan kemampuan menulis yang baik. Pembelajaran berbasis life skills akan mengarahkan mahasiswa untuk terampil menyelesaikan permasalahan-permasalahan kehidupan yang semakin kompleks. Pemilihan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) didasarkan atas pertimbangan bahwa lahirnya sebuah gagasan memerlukan stimulus. Untuk itu, dilakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis esai mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran CIRC berbasis life skills. Penelitian ini dilakukan di Jurusan TBI semester 2, tahun akademik 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis mahasiswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, baik dari aspek kemampuan dalam memilih tema, merumuskan judul, mengorganisasikan gagasan, menganalisis, maupun teknik penulisan. Dengan demikian, penerapan model CIRC efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis esai

[error in script]
Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: esai, menulis, model Cooperative Integrated Reading and Composition
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 27 Dec 2021 02:34
Last Modified: 25 Mar 2022 01:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5927

Actions (login required)

View Item View Item