Suteja, (2012) Tafsir Tarbawi:Pengantar ke Tafsir Tarbawi. Nurjati Press, Cirebon. ISBN 978-602-90741-7-8
|
Text
8. TAFSIR TARBAWI VONMBER 2012.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Masalah pendidikan adalah masalah pemahaman tentang hakikat manusia, satu-satunya makhluk Allah, yang diberi wewenang sebagai khalifah dengan tugas utama memakmurkan alam dan menciptakan kesejahteraan bagi kepentingan kemanusiaan. Inti persoalan manusia adalah ikhtiar memberdayakan fithrah dan seluruh potensi baik manusia. Pemahaman yang keliru tentang fithrah akan melahirkan proses pendidikan yang gagal memerankan dirinya sebagai alat memanusiakan manusia, karena pendidikan hanya melahirkan disharmonisasi aspek-aspek kepribadian manusia. Al-Quran, sebagai sumber pendidikan yang universal, sepanjang sejarah kemanusiaan telah berhasil menunjukkan dirinya mampu menuntun ke arah yang sangat tepat bagaimana semestinya pendidikan mampu memelihara, mengembangkan dan membina kesucian dan kesempurnaan fithrah manusia. Upaya ini kemudian membutuhkan adanya pemahaman dan interpretasi komprehensif umat Islam tentang kitab sucinya, al-Quran. Penafsiran yang tepat atas ayat-ayat ketuhanan, kemanusiaan dan alam diharapkan dapat membantu para ahli (pemikir) dan praktisi pendidikan menemukan missi universal al-Quran tentang pembinaan fihtrah, sebagai problem utama dunia pendidikan. Urgensi tafir atas ayat-ayat pendidikan sesungguhnya tidak saja membantu memberikan pemahaman konsepsional tentang pendidikan melainkan, secara praktis, dapat dijadikan petunjuk teknis bagi para pendidik khususnya dan orang tua pada umumnya.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | suteja suteja suteja |
Date Deposited: | 02 Feb 2017 08:49 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 08:49 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/605 |
Actions (login required)
View Item |