PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP / MTs. SE KABUPATEN KUNINGAN

Aris, AS (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP / MTs. SE KABUPATEN KUNINGAN. Project Report. LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN_MODEL_PEMB.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Semakin berkembangnya pembelajaran IPS dan disertai adanya indikasi penurunan moral di kalangan siswa, mengharuskan guru untuk senantiasa berinovasi agar mampu bersaing di era global. Pendidikan IPS harus mampun menjadi penyangga pengaruh arus global yang tidak sedikit berdampak pada kepribadian dan prilaku di kalangan siswa. Juga sebagai penguat terhadap nilai-nilai kerpibadian dan karakter siswa. Maka perlu adanya penajaman dan strategi model pembelajaran IPS yang berbasis pada kearifan lokal. Tujuan penenlitian ini adalah untuk mendeskripkan program sekolah dalam upaya pembentukan karakter siswa dengan melalui pendekatan pembelajaran IPS berbasis pada kearifan lokal. Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan model pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal serta faktor-faktor pendorong dan penghambatnya dalam upaya pembentukan karakter siswa. Model pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal merupakan model yang mampu menerapkan nilai-nilai kearifan lokal tentunya dapat membantu upaya pembentukan karakter siswa dan salah satu upaya pencegahan dampaknya pengaruh global yang tidak sedikit membawa perubahan nilai. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data yang diperlukan pada penenlitian ini berupa data teoritik dan empiric. Responden pada penelitian ini adalah kepala sekolah guru IPS dan semple siswa yang dijadikan responden analisa penenlitian. Teknik analisa data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Program sekolah dalam upaya pembentukan karakter siswa dengan pendekatan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal, 2) Penerapan model pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal yang meliputi : study outdoor, role playing, problem sholving dan lainya, 3) Faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal yang meluputi : kesadaran diri, rasa tanggung jawab dorongan internal maupun ekternal siswa. Sikap tdiak obyektif, malas-malas dan juga prilaku yang tidak baik di sekolah adalah merupakan faktor penghambat dalam upaya pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal. Hal ini tidak sedikit berdampak pada keberhasilanya terutama pada upaya pembentukan karekter siswa. Juga kurangnya motivasi dari orang tua siswa salah faktor penghambat dalam upaya pembentukan karakter siswa.

[error in script]
Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 30 Mar 2022 08:40
Last Modified: 30 Mar 2022 08:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/6359

Actions (login required)

View Item View Item